School of Information Systems

Contoh – Contoh Perusahaan yang Menerapkan Metaverse

Di masa yang akan datang, perkembangan metaverse akan semakin pesat dan masif. Hal tersebut dikarenakan teknologi akan semakin canggih dari waktu ke waktu. Menurut USA Today, ada beberapa perusahaan atau platform berbasis teknologi yang dikatakan sebagai contoh dari penerapan metaverse. Berikut adalah contoh perusahaan tersebut :

  1. Meta / Facebook

Meta merupakan perusahaan teknologi yang dahulunya bernama Facebook. Perusahaan ini secara gamblang ingin mengembangkan metaverse. Salah satu aplikasi metaverse yang akan hendak dikembangkan oleh perusahaan ini yaitu konsel 3D atau tiga dimensi. Mark Zuckerberg bahkan menyebutkan bahwa pengguna bisa merasakan kehadiran orang lain, berada di tempat lain, dan memiliki pengalaman berbeda yang tidak dapat dilakukan di aplikasi atau halaman web 2D. Meta juga sedang membuat platform “kantor tanpa batas” lewat VR. Pengguna teknologi ini diketahui dapat merasakan duduk sebagai hologram di sofa, sehingga akan terasa seperti pergi ke kantor sesungguhnya.

  1. Microsoft

Contoh perusahaan yang menerapkan metaverse lainnya yaitu Microsoft. Perusahaan teknologi software ini juga telah menggunakan hologram dan sedang terus mengembangkan aplikasi mixed and extended reality (XR) dengan menggunakan Microsoft Mesh. Microsoft menggabungkan dunia nyata menggunakan augmented reality dan virtual reality. Perusahaan besar ini juga sudah berencana menghadirkan realitas campuran termasuk hologram dan avatar virtual ke Microsoft Teams di tahun ini.

  1. Epic Game

Epic Game diketahui tengah mengembangkan manusia digital fotorealistik dengan MetaHuman Creator. Teknologi tersebut dapat menjadi bagian dari cara pengguna menyesuaikan doppelganger digital di game dunia terbuka di masa yang akan datang.

  1. Roblox

Berikutnya adalah Roblox. Platform ini dibentuk pada 2004 lalu dan telah menampung banyak game buatan pengguna, termasuk penawaran permainan peran seperti Bloxburg dan Brookhaven. Permainan tersebut membuat pengguna bisa membangun rumah, bekerja, dan bermain cerita tertentu.

Willy Kristian

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031