School of Information Systems

Quantum Computing

Pada masa perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat saat ini, banyak sekali inovasi dan terobosan baru yang terus muncul. Salah satu perkembangan dan inovasi yang terus muncul pada bidang teknologi adalah terkait dengan dunia komputasi. Pada dunia komputasi, terdapat istilah quantum computing yang merupakan bentuk teknologi baru yang dapat membantu para penggunanya. Secara umum, quantum computing merupakan teknologi komputasi yang dapat melakukan proses terhadap permintaan yang diberikan dengan lebih cepat dan efektif apabila dibandingkan dengan komputer umum lainnya. Adapun, terdapat beberapa hal yang perlu diketahui terkait quantum computing:

  • Dasar Teori 

Quantum computing dapat didefinisikan sebagai area komputasi yang memiliki fokus pada perkembangan teknologi komputer yang didasarkan pada prinsip dari teori kuantum. Teori kuantum merupakan teori yang menjelaskan perilaku dari energi dan materi pada tingkat atom dan sub atom.

  • Perbedaan dengan Komputer Umum

Dengan penggunaan dasar teori serta konsep yang berbeda, quantum computing memiliki perbedaan terhadap komputer pada umumnya. Perbedaan tersebut terdapat pada fakta bahwa pada komputer umum atau biasa, kode informasi yang dituliskan adalah dalam bentuk “bits” dengan pengambilan nilai biner antara 1 atau 0. Sementara itu, pada quantum computing, akan terdapat bentuk “bits” dan “qubits”. Hal ini  secara umum akan membantu menciptakan keadaan dimana yang seharusnya hanya ada antara 1 atau 0 saja menjadi lebih seperti 1 dan 0 yang terjadi secara bersamaan. 

Selain itu, terdapat perbedaan juga terkait konsep penggunaan antara komputer umum dan quantum computing. Komputer umum akan lebih sesuai digunakan untuk melaksanakan pekerjaan sehari – hari yang perlu dikerjakan oleh komputer, sementara quantum computing akan lebih sesuai digunakan untuk menjalankan simulasi dan analisis data, seperti untuk percobaan obat atau percobaan kimia. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa quantum computing bukanlah membantu menjalankan suatu software secara lebih cepat, namun dapat membantu menjalankan permasalahan yang kompleks secara lebih cepat.  

  • Potensi yang Dimiliki

Dengan potensi yang dimiliki dalam proses permasalahan kompleks yang dapat dilakukan secara lebih cepat, terdapat beberapa potensi yang dapat dimanfaatkan dalam penggunaan quantum computing, yaitu: 

– Proses penemuan obat untuk penyakit tertentu  

– Proses optimasisasi jalur transportasi 

– Proses pembuatan strategi penjualan baru 

 

 

Referensi: 

https://glints.com/id/lowongan/quantum-computing-adalah/#.YnxnUehBzIU 

https://www.ibm.com/topics/quantum-computing 

https://www.techfor.id/mengenal-teknologi-quantum-computer-dan-fungsinya/ 

https://www.investopedia.com/terms/q/quantum-computing.asp#toc-real-world-example-of-a-quantum-computer 

Aristia Utari Putri