School of Information Systems

User Story

User Story merupakan sebuah komponen yang sangat vital dan harus ada di setiap tahap pengembangan sebuah produk. Mengapa demikian? Karena produk yang akan dihasilkan harus sesuai dengan kebutuhan user/pengguna. Dengan kata lain, pengertian dari User Story itu sendiri adalah alat atau tools yang digunakan oleh sebuah perusahaan (khususnya development team) sebagai pengukur perkembangan produk yang akan dihasilkan nantinya, dengan demikian sebuah User Story merupakan salah satu elemen yang sangat penting bagi perusahaan yang digunakan untuk memuaskan pelanggan/customer. User Story juga memiliki format tersendiri, yaitu:

As a <role> I want to <goal> so that <benefit>

Penjelasannya sebagai berikut:

– As a merupakan seorang user yang menceritakan storynya di User Story

I want to merupakan sebuah fitur yang akan dihasilkan kedepannya

so that merupakan hasil dari sebuah fitur yang sudah dikembangkan dan hasilnya baik.

Contoh nyatanya:

– “Sebagai seorang user saya ingin mengupload video agar orang lain dapat melihat video yang saya upload”.

– “Sebagai seorang admin saya ingin mengecek terlebih dahulu mengenai foto yang akan diupload agar foto tersebut layak untuk diupload.

Sebelum dapat membuat User Story yang baik dan benar, kita harus menentukan User Persona.

User Persona: Di dalam user persona ini, kita akan membuat sebuah karakter atau orang fiktif yang akan mewakili target dari produk yang akan dibuat. User persona harus dibuat sebaik mungkin agar dapat membuat sebuah User Story yang baik. Di dalam user persona ada beberapa hal yang harus ditentukan seperti umur, perilaku, minat, kekurangan, kelebihan serta lokasi dari karakter fiktif tersebut, yang dimana karakter fiktif tersebut nantinya akan diganti sebagai “user”.

Contoh dari user Persona beserta penjelasannya:

Bisa dilihat pada gambar disamping, gambar tersebut adalah contoh dari user persona. Berdasarkan gambar user persona tersebut, kita bisa melihat bahwa di dalam user persona terdapat hal-hal yang penting dan wajib ditulis seperti, tujuan (goals), kekurangan dan kelebihan serta identitas diri. Aspek yang paling penting di dalam user persona itu adalah tujuan. Mengapa demikian? Karena dengan melihat dari tujuan itu sendiri, kita dapat menentukan langkah apa yang akan dilakukan selanjutnya untuk mengembangkan produk ke tahap yang lebih baik. Sebelum melihat ke tujuannya, kita harus membaca terlebih dahulu masalah yang dialaminya dan jika sudah selesai baru kita dapat melihat tujuan dari user persona tersebut.

 

Di dalam User Story, terdapat beberapa keuntungan seperti:

– Meningkatkan kerja sama antara tim pengembangan dengan tim lainnya

– Dapat meningkatkan hasil dikarenakan feedback dari user

– Dapat menghemat waktu untuk mendahulukan kepentingan pengembangan fungsi

– Dapat meningkatkan kualitas bisnis itu sendiri.

 

Referensi    :

– PPT BINUS Session 5-6 ISYS6535

https://glints.com/id/lowongan/user-stories-adalah/#.YW1GmxpByHs

https://searchsoftwarequality.techtarget.com/definition/user-story

Adrian Yohanes, Ferdianto