School of Information Systems

Intens in Android

Intent di dalam Android adalah seperti sebuah jembatan yang dapat menghubungkan interaksi antar satu Activity ke Activity lain pada aplikasi Android. Intent juga dapat membawa dan mengirimkan data ke Activity lain, bahkan ke aplikasi lain. Oleh karena itu, Intent juga merupakan objek yang digunakan untuk meminta tindakan dari komponen aplikasi lain melalui sistem Android.

Intinya, Intent merupakan mekanisme untuk melakukan sebuah action dan komunikasi antar komponen aplikasi pada Android. Contoh nyatanya seperti saat kita menekan sebuah tombol pada sebuah halaman, dimana ketika tombol itu ditekan maka akan membuka kamera atau peta ataupun lain sebagainya. Perpindahan itulah yang disebut dengan Intent. Lalu apa saja sih sebenarnya yang bisa dilakukan oleh Intent, berikut adalah 3 hal yang dapat dilakukan oleh Intents  :

  • Memulai Aktivitas
    • Klik tombol memulai Aktivitas baru untuk entri teks
    • Mengklik Bagikan akan membuka aplikasi yang memungkinkan Anda memposting foto
  • Mulai Layanan
    • Mulai mengunduh file di latar belakang
  • Kirim Siaran
    • Sistem memberi tahu semua orang bahwa telepon sekarang sedang diisi

Intent terbagi menjadi 2 bagian yaitu Intent Implicit dan Intent Explicit. Berikut adalah definisi antar keduanya            :

  • Intent Implicit

Intent Implicit berfungsi untuk melakukan perpindahan activity (halaman) menuju ke aplikasi internal smartphone kita. Contoh nyatanya pada sebuah activity (halaman) yang ada pada Aplikasi PeduliLindungi, dimana saat kita ingin memasuki pusat perbelanjaan kita akan meminta untuk membuka aplikasi kamera melalui PeduliLindungi untuk dapat melakukan scan barcode.

Lalu bagaimana cara membuat Intent Implicit? Berikut adalah cara untuk kita membuat Intent Implicit            :

  1. Buat Intent

Intent intent = new Intent(action, uri);

  1. Gunakan Intent untuk memulai Aktivitas

startActivity(intent);

  • Intent Explicit

Intent Explicit berfungsi untuk melakukan perpindahan activity (halaman) ke activity (halaman) lainnya. Contoh nyatanya seperti saat kita ingin menekan tombol checkout pada aplikasi e-commerce maka kita akan diarahkan / berpindah ke halaman metode pembayaran. Intent Explicit ini bekerja dengan menggunakan nama kelas yang dituju, misal com.portofoliohakim.activity.socialmediaActivity. Umumnya intent ini digunakan untuk mengaktifkan komponen pada satu aplikasi.

Berikut adalah cara membuat Intent Explicit :

  1. Buat Intent

Intent intent = new Intent(this, ActivityName.class);

  1. Gunakan Intent untuk memulai Aktivitas

startActivity(intent);

Berikut adalah gambaran tentang bagaimana aktivitas berjalan :

 

Referensi    :

https://www.dicoding.com/blog/belajar-intent-android-studio/

https://docs.google.com/presentation/d/1kjxsI9brdVRIx3rqoB0H-1-PmVlzJbiQNf4PyqzZKJM/edit#slide=id.g181baec304_0_0

Rizki Nur Hakim, Ferdianto

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031