School of Information Systems

Architecture of Android

Sumber Gambar : https://www.tutlane.com/images/android/android_architecture_diagram.png

Apa itu Arsitektur Android? Arsitektur Android adalah lapisan komponen software untuk memenuhi kebutuhan perangkat mobile.

Ada 5 lapisan utama dalam arsitektur android:

  1. Application
  2. Android Framework
  3. Android Runtime
  4. Platform Library
  5. Linux Kernel

Linux Kernel.

Kernel Linux adalah komponen terpenting di Android yang memiliki tugas menyediakan fungsionalitas sistem operasi ke mobile yang bertanggung jawab atas aplikasi ini. Kernel mempunyai beberapa tugas yaitu bertanggung jawab untuk berbagai driver perangkat seperti driver Kamera, driver Tampilan, driver Bluetooth, driver Keypad, Manajemen memori, Manajemen proses, Manajemen daya, dll. Kernel juga menangani segala sesuatu di Linux yang terkait dengan jaringan, driver perangkat, dan membantu interface agar berjalan dengan benar.

Platform Libraries.

Platform Libraries mencangkup berbagai macam  C/C++ core libraries dan Java-based libraries seperti SSL, libc, Graphics, SQLite, Webkit, Media, Surface Manger, OpenGL, dll.

Libraries juga bertanggung jawab untuk memutar dan merekam format audio dan video, FreeType untuk dukungan font, WebKit untuk dukungan browser, SQLite untuk database, SSL untuk keamanan Internet, dll.

Android Runtime.

Android Runtime merupakan lapisan ketiga dari Android Architecture. Android Runtime adalah mesin yang menggerakkan aplikasi kita bersama dengan libraries dan membentuk dasar untuk framework aplikasi. Di Android Runtime menyediakan komponen utama yaitu Dalvik Virtual Machine (DVM) yang merupakan sejenis Mesin Virtual Java yang dirancang dan dioptimalkan khusus untuk Android.

Android Framework.

Layer Android Framewrk menyediakan class dan interface untuk Pengembangan aplikasi Android dan services ke aplikasi dalam bentuk class Java. layanan telepon, layanan lokasi, manajer notifikasi, layanan NFC, sistem tampilan, merupakan service yang terdapat didalam Android Framework.

Application.

Urutan dari Android Architecture yang teratas ditempati oleh Apllication. userdapat menulis aplikasinya untuk diinstal pada lapisan ini saja. Layer Application berjalan dengan Android runtime yang menggunakan class-class dan services yang tersedia dari application framework.

Sumber :

https://www.tutorialspoint.com/android/android_architecture.htm

https://www.tutlane.com/tutorial/android/android-architecture

https://www.tutorialride.com/android/architecture-of-android.htm

Ikrar Gama Raditya, Ferdianto

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031