School of Information Systems

Rekomendasi Sertifikasi yang Dapat Diambil untuk Business Analyst

Business analyst merupakan suatu posisi pekerjaan yang memiliki tugas sebagai penghubung antara teknologi dan bisnis melalui analisis yang dilakukan. Beberapa tugas yang dilakukan oleh business analyst mencakup pembuatan laporan, penilaian aspek teknologi perusahaan, serta pemberian hasil laporan kepada pihak perusahaan. Peran dari business analyst ini akan berkaitan erat dengan pihak urusan bisnis dan teknologi pada suatu perusahaan, maka dari itu mereka memiliki peran untuk dapat menentukan apakah ide yang dimiliki perusahaan layak untuk dijalankan dari segi bisnis dan teknologi. Maka dari itu, untuk dapat menjalankan tugas sebagai business analyst tentunya dibutuhkan berbagai kemampuan dan keterampilan terkait tugasnya. Untuk dapat memperlihatkan secara sah kemampuan dan keterampilan yang dimiliki, maka dapat diambil beberapa sertifikasi untuk business analyst. Berikut beberapa rekomendasi sertifikasi yang dapat diambil untuk business analyst secara gratis:

  1. Business Analysis Basic

Merupakan sertifikasi gratis yang disediakan oleh SkillUp by Simplilearn. Pada pengambilan sertifikasi ini, akan terdapat pembelajaran yang memberikan perkenalan terkait konsep dan keterampilan utama yang dibutuhkan dalam karir sebagai business analyst. Beberapa topik yang dibahas mencakup kebutuhan seorang business analyst, keterampilan dan tugasnya, proses analisis bisnis, serta perbedaan antara business analyst dan data analyst. Pembelajaran ini dapat dilakukan dengan total 2 jam video pembelajaran. Sertifikat akan diberikan ketika sudah melakukan penyelesaian pembelajaran.

  1. Free Short Course: Introductory Certificate in Business Analysis

Merupakan sertifikasi gratis yang disediakan oleh IT Masters. Pada pembelajaran terkait sertifikasi ini, akan mencakup pembahasan terkait berbagai tools dan teknik yang dapat digunakan oleh business analyst serta cara tentang bagaimana dapat bekerja lebih efektif sebagai business analyst. Pembelajaran ini dapat dilakukan dengan total 5 minggu yang terdiri atas 4 modul dan 1 ujian. Pembelajaran akan dilakukan secara langsung melalui webinar yang diselenggarakan oleh pihak penyelenggara. Sertifikat akan diberikan ketika sudah melakukan penyelesaian pembelajaran dan mendapat penilaian pembelajaran diatas 50%.

Adapun, selain beberapa sertifikasi tersebut, terdapat beberapa sertifikasi wajib yang dapat diambil untuk membantu meningkatkan karir sebagai business analyst, yaitu:

  1. IIBA Entry Certificate in Business Analysis (ECBA)

Merupakan sertifikasi yang dikeluarkan oleh International Institute of Business Analyst dengan level paling dasar. Untuk dapat mengambil sertifikasi ini perlu diselesaikan 21 jam pelatihan profesional dari pihak penyelenggara.       

  1. Certified Analytics Professional (CAP)

Merupakan sertifikasi yang dapat diambil apabila sudah memenuhi beberapa persyaratan yang mencakup adanya gelar sarjana dan master pada bidang terkait serta pengalaman dengan rentang waktu 5 – 7 tahun. Sertifikasi ini merupakan sertifikasi yang cukup sering diambil oleh para praktisi di bidang business analyst.

  1. IIBA Certification of Competency in Business Analysis (CCBA)

Merupakan sertifikasi tingkat dua yang dikeluarkan oleh pihak IIBA. Maka dari itu, sertifikasi ini dapat diambil setelah selesai mengambil sertifikasi ECBA. Untuk dapat mengambil sertifikasi ini perlu memiliki pengalaman yang relevan selama beberapa tahun terlebih dahulu. Ujian pada sertifikasi ini terdiri atas 130 soal pilihan ganda.

  1. IIBA Certified Business Analysis Professional (CBAP)

Merupakan sertifikasi tingkat tiga yang dikeluarkan oleh pihak IIBA bagi para profesional pada bidang business analyst. Untuk dapat mengambil sertifikasi ini diperlukan pengalaman kerja selama 7500 jam dalam 10 tahun terlebih dahulu. Ujian pada sertifikasi ini dilakukan selama 3,5 jam dan berbentuk pilihan ganda.

Referensi:

https://glints.com/id/lowongan/karier-business-analyst/#.YldnLShBzIU

https://www.simplilearn.com/introduction-to-business-analysis-free-course-skillup

https://itmasters.edu.au/free-short-course-business-analyst/

https://glints.com/id/lowongan/sertifikasi-business-analyst/#.YldxAChBzIU

Aristia Utari Putri

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031