School of Information Systems

Mengapa perusahaan beralih kepada metode berlangganan?

Perkembangan zaman yang semakin maju mempengaruhi perkembangan teknologi dan digital yang menjadi maju sangat pesat dengan adanya internet. Dengan adanya internet, banyak hal yang dapat dilakukan seperti menambah banyak jaringan sosial, berkomunikasi dengan mudah, mencari da mendapatkan informasi berupa berita atau artikel dengan mudah. Banyak individu mendapatkan hiburan melalui internet, salah satunya adalah banyak yang dikembangkan oleh media yaitu subscription. Metode subscription sudah semakin berkembang dan banyak pelanggan baru yang melakukan subscription berasal dari kalangan di usia muda sampai dewasa.

Contohnya subscription video-on-demand yang sudah sangat terkenal dan banyak diminati consumer untuk menjadi hiburan di masa sekarang seperti Netflix, Disney+hotstar, viu, IQIYI, WeTV, HOOX, youtube premium dan iFlix yang memiliki jutaan subscription di banyak nergara, salah satunya adalah Indonesia dikarenakan video-on-demand adalah layanan yang menjual jasa konten secara over the top sehingga konten merupakan produk utama dalam jualan layanan media tersebut. Faktor yang mempengaruhi pembentukan minat dan terus berlangganan juga sangat berpengaruh disini. Salah satu faktor yang mempengaruhi user untuk berlangganan adalah price value. Price value menjadi salah satu pertimbangan consumer dari dari segi biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat menikmati fasilitas layanan media. Price disini juga ditentukan berdasarkan layanan sistem yang akan didapatkan oleh konsumer pada saat akan berlangganan. Pengguna layanan media pada umumnya akan melakukan pembayaran subscription di jangka waktu setiap minggu, jangka waktu setiap bulan atau dalam jangka waktu setiap tahun berdasarkan paket yang diambil oleh konsumer untuk berlangganan dengan menggunakan metode pembayaran yang telah ditentukan oleh layanan media seperti kredit atau pembayaran elektronik.

Tarif yang akan dikeluarkan dan harus dibayar konsumer juga beragam berdasarkan dari jangka waktu berlangganan, price yang ditetapkan oleh layanan media, dan layanan yang akan didapatkan oleh consumer ingin berlangganan. Faktor lain yang juga akan mempengaruhi subscription adalah kepercayaan dari consumer kepada layanan media selama berlangganan. Kesetiaan consumer dapat dinilai dari seberapa lama consumer berlangganan tanpa putus. Contohnya pelanggan sudah berlangganan di layanan media Netflix sudah lebih dari 5 tahun dan tidak pernah putus. Jika pelanggan sudah berlangganan sangat lama, maka kepercayaan konsumer terhadap layanan media pasti sudah sangat besar dan sangat kuat. Tetapi tentu saja tidak semua consumer yang berlangganan akan selamanya royal kepada media layanan yang telah menjadi langganan selama bertahun – tahun. Terdapat juga pemutusan layanan media dengan consumer dikarenakan terjadinya pemutusan layanan sementara, adanya faktor biaya bulanan internet, metode registrasi, perubahan kecepatan internet, layanan telepon, usia consumer yang berlangganan, pelayanan dari customer service yang kurang cepat, masalah metode pembayaran dan lain – lain. Pemutusan layanan bisa dalam jumlah kecil maupun jumlah besar. Jika pemutusan layanan sudah dalam jumlah besar, tentu saja akan sangat merugikan layanan media. Untuk mengurangi tingkat pemutusan layanan dengan konsumer, diperlukan untuk mengatur strategi manajemen pelanggan yang dapat mengurangi pemutusan layanan dengan melakukan analisis terlebih dahulu penyebab terjadinya pemutusan layanan.

Kalakota dan Robinson dalam Sanjaya et al. menyatakan bahwa manajemen pelanggan terdiri dari 3 fase yaitu mendapatkan pelanggan baru (acquire), meningkatkan hubungan pelanggan (enhance), dan mempertahankan pelanggan (retain). Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat dibuat strategi manajemen pelanggan dari segi strategi penjualan, strategi pengembangan wilayah dengan melakukan pengembangan dan penetrasi wilayah, strategi pengembangan produk bisa dengan menambahkan kecepatan dan keakuratan internet dan memperbarui produk menjadi lebih baik, strategi partnership dengan bekerja sama dengan perusahaan yang bersangkutan dengan layanan media dan juga bisa menambah metode pembayaran elektronik atau pembayaran online yang sering digunakan pada saat ini seperti GoPay, ovo, LinkAja, dana, shopee pay, mbanking dengan menggunakan virtual account, strategi hubungan pelanggan dan strategi mempertahankan pelanggan. Selain faktor value price dan kepercayaan, faktor lain yang mendukung adalah content yang ada di layanan media yang dipasarkan kepada consumer yang ditargetkan menggunakan layanan media. Content menjadi sebuah suatu ikatan, interaksi dan pengaruh kepada target.

REFERENSI

http://journalfeb.unla.ac.id/index.php/almana/article/view/461

https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/15298

http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IBP/article/view/1478

Della Charista

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031