School of Information Systems

Model Manajemen Strategi

Lalu bagaimana langkah-langkahnya untuk dapat mempersiapkan suatu strategi yang terencana dengan baik, terimplementasi dengan semestinya, dan mendapatkan hasil yang optimal, berikut adalah langkah-langkah besar untuk model manajemen strategi tersebut:

  1. Pengamatan Lingkungan

Terdiri dari dua entitas, yaitu analisa lingkungan eksternal dan internal.

  1. Perumusan Strategi

Terdiri dari milestone yang dimulai dari penentuan “Misi”, kemudian menentukan “Tujuan”, membangun “Strategi” untuk mencapai misi dan tujuan tadi, dan pembuatan “Kebijakan” sebagai rambu-rambu dasar untuk pembuatan keputusan bisnis.

  1. Implementasi Strategi

Pada fase ini terdiri dari tiga langkah-langkah yang terdapat di dalamnya, yaitu: program (aktifitas yang dibutuhkan untuk menunaikan tujuan sesuai dengan strategi yang sudah ditetapkan), anggaran (biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan program-program yang dibuat) dan prosedur (panduan detil untuk melakukan suatu aktifitas terkait program yang telah dibuat).

  1. Evaluasi dan Pengendalian

Manajemen kinerja bisnis berada pada fase ini. Kinerja bisnis yang sudah dicapai apakah sudah sesuai dengan rencana awal ataukah justru lemenceng jauh dari sasaran.

Corporate/Business performance management dapat digunakan pads case ini, seperti penggunana KPI sebagai salah satu met ode untuk dapat menilai kinerja dan dapat menemukan bad actor serta langkah kerja untuk memperbaikinya.

Untuk lebih memudahkan dalam mengingat dan mengimplementasikan kaidah langkah-langkah dasar dari model manajemen strategi diatas, maka sajak/puisi berikut semoga bisa memberikan suatu kemudahan:

(1) Kenali Diri dan Lingkungan

(2) Siapkan bekal untuk pertarungan

(3) Misi dan Tujuan sebagai Pedoman

(4) Strategi dibuat untuk Pencapaian

(5) Kebijakan menentukan Keputusan

(6) Rancang Program; tentukan Anggaran

(7) Prosedur panduan dalam pekerjaan

(8) Kinerja terbaik bukan halangan

(9) Bisnis Sukses Mulia sebagai Persembahan

 

Hirarki Strategi

Hierarki pengambilan keputusan dalam suatu perusahaan biasanya terdiri dari tiga jenjang. Pada puncak hirarki yang terletak tingkat korporasi (perusahaan) yaitu suatu urusan yang merupakan sebuah kumpulan bisnis yang secara relatif independen, yang kadang-kadang disebut sebagai Strategic Unit Bisnis.

Pada bagian tengah hirarki, pengambilan keputusan terletak tingkat bisnis atau strategi kompetitif. Para manajer yang terdapat di dalamnya biasanya disebut manajer bisnis dan korporasi. Mereka menerjemahkan rumusan arah dan keinginan yang dihasilkan pada tingkat korporasi ke dalam sasaran dan strategi yang kongkret untuk masing-masing divisi usaha.

Pada bagian bawah hierarki pengambilan keputusan strategi, terletak tingkat fungsional. Strategi fungsional berkaitan dengan interpretasi peran dari fungsi atau departemen dalam menerapkan strategi kompetitif.

Model Manajemen Strategi