School of Information Systems

Learning tools secara online ada apa saja?

Di masa pandemi ini media digital dipilih sebagai media utama dalam berkomunikasi dan kontak antar satu sama lain dan ini berlaku di semua bidang. Dengan meminimalkan kontak antar individu penularan penyakit dapat dihindari dan mengurangi probabilitas muncul nya penyakit baru. Media digital hadir dalam berbagai bentuk seperti virtual conference, social media, dan sebagainya. Salah satu bidang yang terkena efek pandemi ini adalah bidang edukasi dimana edukasi pada umumnya berupa pertemuan langsung antara pengajar dan yang di ajar seperti contoh nya pembelajaran murid di sekolah.

Pembelajaran secara online adalah media alternatif yang sangat efektif di masa pandemi ini karena seperti yang saya sebutkan sebelumnya dimana dengan meminimalkan kontak fisik antara individu kita dapat mengurangi dan mencegah terjadinya penularan penyakit di era pandemi ini. Media utama yang  digunakan dalam edukasi secara online sangatlah banyak sedikit contoh media yang dipakai secara umum berupa video call seperti zoom atau google meet, media ini disebut juga sebagai learning tool atau alat pembelajaran. Learning tool tidak terbatas dalam wujud digital, media pembelajaran fisik juga bisa disebut sebagai learning tool.

Sekolah Menengah Atas adalah jenjang akhir sebelum menuju perkuliahan dan hal hal yang di alami dan dipelajari selama masa masa SMA akan terbawa selama di Universitas termasuk cara melakukan pembelajaran. Cara pembelajaran yang dilakukan oleh Sebagian besar institut pendidikan selama pandemi ini semakin memanfaatkan perkembangan teknologi berupa video conference seperti contoh nya Zoom atau Microsoft Teams. Universitas juga terkena dampak yang sama dimana harus menghentikan proses ajar mengajar secara tatap muka dan beralih ke media digital.

Ini beberapa contoh learning tool digital :

Kahoot! : ini merupakan layanan edukasi dengan banyak fungsi dan yang sering dipakai adalah fungsi untuk mengadakan quiz yang biasa dipakai oleh pengajar untuk membantu mengulang kembali pelajaran dengan cara yang menyenangkan. [1]

Microsoft teams: ini adalah learning tool yang cukup lengkap dan terkemas dalam 1 aplikasi yang mudah di download dan install. Variasi fitur yang disediakan oleh Microsoft teams sangatlah lengkap untuk penyelenggaraan kelas secara online karena fungsi yang ada seperti assignment, Calendar,  dan chat untuk memudahkan mengorganisir jadwal dan interaksi antara pengajar dan yang di ajar. [2]

Zoom: Zoom merupakan aplikasi video conference yang gratis dan mudah dipakai sehingga popularitas pemakaian nya cukup tinggi bahkan perkantoran pun memakai aplikasi ini untuk media penyelenggaraan meeting secara online. Kekurangan aplikasi ini adalah pemakaian yang terbatas per sesi dimana durasi yang diperbolehkan selama 1 sesi video conference gratis adalah 40 menit jika user ingin melakukan sesi yang lebih lama dari itu maka user harus membayar. [3]

Kesimpulan dari artikel ini adalah di era pandemi ini proses edukasi yang dilakukan oleh berbagai jenjang institute Pendidikan sangatlah bergantung dengan berbagai media digital untuk membantu proses edukasi tetap berjalan dan alat alat pembelajaran yang disediakan semakin bervariasi untuk mendukung pelaksanaan proses tersebut.

References

[1] A. C. Bunyamin, D. R. Juwita and N. Syalsiah, “Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permaianan Sebagai Bentuk Variasi Pembelajaran,” Jurnal Kehumasan Universitas Pendidikan Indonesia, vol. 3, no. 1, pp. 43-50, 2020.
[2] A. Damayanti and D. Mulyadi, “Pengaruh Penggunaan Microsoft Teams dalam Mengikuti Pembelajaran Daring Bahasa Inggris Peminatan di SMA N 2 Semarang,” in Prosiding Seminar Nasional Unimus, Semarang, 2020.
[3] J. Monica and D. Fitriawati, “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19,” Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, vol. 9, no. 2, pp. 1630-1640, 2020.

Darian Handoro, Yakob Utama Chandra