School of Information Systems

Businesss Prosess

  1. Business process adalah urutan aktivitas yang dilaksanakan oleh suatu bisnis untuk menghasilkan barang dan/atau jasa untuk mendapatkan laba. Business process terdiri dari tiga kegiatan, yaitu : 
  1. Financing Activities  
  • Financing activities merupakan suatu kegiatan pencarian modal untuk membeli asset berupa peralatan dan perlengkapan agar dapat menjalankan kegiatan operasi perusahaan.  
  • Ada dua cara untuk mendapatkan modal yaitu mencari para investor yang mau menanamkan modal pada perusahaan dan/atau meminjam dana dari bank. 
  • Contoh : Untuk membuka usaha berupa bengkel, diperlukan modal untuk membeli perlengkapan dan peralatan bengkel, apabila bengkel tersebut dibuka oleh perseorangan maka untuk memperoleh modalnya dapat meminjam uang/dana dari bank. 
  1. Investing Activities 
  • Investing activities merupakan tahap kedua dari bussines process dimana perseorangan / perusahaan yang telah mendapatkan modal untuk membuka usaha mereka dapat menginvestasikan modal yang telah didapat dengan membeli asset bagi perusahaan mereka berupa perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan agar dapat menghasilkan barang atau jasa. 
  • Contoh : Dengan mendapatkan modal berupa pinjaman dari bank, sesorang dapat menginvestasikan modal yang didapatkan dengan membeli asset bengkelnya berupa peralatan dan perlengkapan bengkel yang menunjang usaha bengkel tersebut. 
  1. Operating Activities 
  • Operating activities merupakan tahap terakhir dari bussines process dimana perseorangan / peruahaan yang telah menginvestasikan modal yang dimilikinya kedalam asset mereka yang berupa perlengkapan dan peralatan dapat menjalankan kegiatan operasional usaha mereka dimana perusahaan akhirnya dapat menghasilkan laba. 
  • Contoh : Sebuah bengkel yang telah memiliki peralatan dan perlengkapan yang menunjang usaha bengkel dapat menjalankan aktivitas usahanya dengan menyediakan jasa bengkel sehingga, seseorang yang membuka bengkel tersebut dapat menerima laba / pendapatan dari jasa yang telah diberikan.  

 

  1. Akuntansi adalah proses pencatatan transaksi yang dibuat oleh suatu perusahaan untuk dihitung dan dipertanggung jawabkan. Akuntansi digunakan untuk mengambil keputusan suatu perusahaan karena akuntansi berisi informasi keuangan suatu perusahaan. Dengan akuntansi posisi keuangan beserta perubahannya dapat terlihat. Sehingga, akuntansi diperlukan dalam business process untuk membantu manajer melihat bagaimana kondisi modal suatu perusahaan, apakah perlu untuk mencari modal lagi atau tidak dengan melihat laporan perubahan modal dan neraca saldo, untuk melihat apa saja asset yang dimiliki oleh perusahaan dan mana asset yang perlu ditambah lagi atau tidak dengan melihat aktiva perusahaan yang disediakan dalam neraca saldo, dan yang terakhir untuk melihat apakah aktivitas operasional suatu perusahaan berjalan dengan baik atau tidak dengan melihat laba yang diperoleh dari laporan laba rugi. 
I Gusti Made Karmawan

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031