School of Information Systems

Mengenal Profesi Ethical Hacker

Hacker biasanya kita sebut sebagai individu yang menggunakan komputer yang menggunakan komputernya untuk mendapatkan akses tidak sah ke sistem atau jaringan orang lain untuk melakukan kejahatan di dalamnya. Tetapi, hacker tidak selalu merujuk kepada pelaku kejahatan siber seperti yang disangkakan banyak orang. Sebenarnya ada banyak tipe hacker yang ada di dunia, contoh ada juga seorang hacker yang membantu suatu bisnis menemukan celah dalam sistem keamanan mereka, kemudian memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Yang juga dapat kita sebut sebagai Ethical Hacker atau white hat hacker yang pada artikel ini kita akan bahas lebih jauh.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya ethical hacker menjadi salah satu pekerjaan paling menarik dalam bidang TI karena ethical hacker dapat disebut sebagai pakar keamanan yang melakukan penilaian terhadap keamanan yang ada di dalam perusahaan. Mereka biasanya bertugas untuk membobol jaringan komputer untuk menguji pertahanannya. Dan apabila ditemukan masalah maka mereka dapat memberikan solusi yang benar terkait keamanan di perusahaan terebut.

Konsep Ethical Hacker:

  1. Harus melalui Akses Sah, dengan mendapat perssetujuan sebelum mengakses untuk melakukan penilaian keamanan.
  2. Menentukan ruang linkup, seorang ethicla hacker harus menentukan ruang lingkup dalam penilaian untuk keamanan agar batas-batas dalam pekerjaannya tetap legal dan sah.
  3. Melaporkan kerentanan yang ada, seorang ethical hacker setelah melakukan pengujian keamanan di dalam suatu organisasi atau perusahaan harus memberitahu secara menyeluruh tentang hasil dari pengujian tersebut dan tak lupa harus memberikan saran dan solusi apabila ditemukan suatu kerentanan.
  4. Menghormati sensitivitas data, mungkin ini adalah salah satu hal penting sebagai ethical hacker yang berbeda dengan penjahat siber, yaitu harus menyetujui perjanjian kerahasiaan yang diinginkan perusahaan. Seorang ethical hacker tidak boleh melanggar perjanjian yang telah disepakati terlebih soal kerahasiaan data.

Referensi:

https://www.techtarget.com/searchsecurity/definition/hacker

https://ids.ac.id/mengenal-ethical-hacker-profesi-yang-dibayar-untuk-meretas-sistem/

https://www.synopsys.com/glossary/what-is-ethical-hacking.html

Muhammad Wildan