School of Information Systems

Sistem Informasi Akuntansi

  1. PENGERTIAN AKUNTANSI
  2. Sistem adalah kumpulan dari dua atau lebih komponen atau subsistem, yang mempunyai fungsi-fungsi yang saling berhubungan dengan tujuan yang sama.
  3. Sistem Informasi adalah sekumpulan prosedur atau prosedur formal dimana data dikumpulkan, diproses menjadi informasi-informasi dan didistribusikan kepada para pemakai.
  4. Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi dan kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat dipertukarkan penggunaannya oleh orang yang menggunakannya mudah dimengerti untuk suatu pengambilan keputusan dan tujuan lainnya.Akuntansi berasal dari kata asing “AKUNTANSI” yang artinya itu menghitung atau bertanggung jawab. akuntansi digunakan di hampir semua kegiatan Bisnis di seluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga dsebut sebagai bahasa bisnis.

Jadi SI AKUNTANSI adalah sistem informasi yang menangani segala sesuatu sesuai dengan akuntansi. 

  1. FUNGSI AKUNTANSI UTAMA
  • Mengumpulkan dan menyimpan data kegiatan dan transaksi.
  • Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
  • Lakukan kontrol yang tepat atas aset organisasi

 

 

  1. Subsistem Sistem Informasi Akuntansi

Subsistem SIA adalah pemrosesan berbagai transaksi keuangan dan transaksi non-keuangan yang secara langsung mempengaruhi pemrosesan transaksi keuangan. Sistem Informasi Akuntansi 

  1. a. sistem pemrosesan transaksi Mendukung operasi bisnis sehari-hari
  2. sistem buku besar/pelaporan keuangan. Lap.keuangan menghasilkan, seperti laporan laba rugi, neraca, arus kas, dan pengembalian pajak.
  3. sistem manajemen pelaporan yang menyediakan manajemen internal serta berbagai lap.keuangan tujuan khusus informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan, seperti anggaran, laporan kinerja, serta laporan pertanggungjawaban.

 

 

  1. CARA BEKERJA AKUNTANSI

Untuk memahami bagaimana sistem ini bekerja, perlu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: 

Sebuah. Bagaimana cara mengumpulkan data yang berhubungan dengan aktivitas dan organisasi transaksi tersebut..? 

 

  1. MANFAAT AKUNTANSI Sebuah SIA menambah nilai dengan:
  2. a. Memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama dalam rantai nilai secara efektif dan efisien.
  3. meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan layanan yang dihasilkan
  4. Meningkatkan efisiensi
  5. Meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan
  6. Tingkatkan berbagi pengetahuan
  7. meningkatkan efisiensi kerja pada bagian keuangan

 

  1. HUBUNGAN SIM DAN SIA

      Sistem informasi manajemen berkaitan dengan penyediaan informasi yang komprehensif dan terintegrasi untuk membantu pengambilan keputusan untuk berbagai tingkat manajemen dalam suatu organisasi atau perusahaan. Dilihat dari hal tersebut, sistem informasi akuntansi merupakan subsistem dari sistem informasi manajemen. 

 

I Gusti Made Karmawan

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031