School of Information Systems

E-Marketplace dan Brand Experience di Era Saat Ini: Tantangan dan Peluang

E-Marketplace menjadi outlet yang tak terhindarkan untuk kesuksesan e-commerce bagi banyak merek. Tapi apakah itu ide yang bagus untuk merek Anda sendiri? Pendapat tampaknya terbagi tentang itu. 

Marketplace memainkan peran yang semakin dominan dalam e-commerce. Pada 2019, tidak kurang dari 58 persen pembelian online global dilakukan melalui marketplace, dan jumlah itu terus bertambah. Bol.com melihat peningkatan penjualan hampir 70 persen pada kuartal terakhir tahun 2020. Nike telah benar-benar berhenti menjual melalui Amazon setelah pilot dua tahun. Dengan kata-kata mereka sendiri, itu akan merusak pengalaman merek mereka. 

Apakah ini berarti bahwa menjual melalui pasar selalu memiliki konsekuensi negatif bagi merek Anda? Atau ada juga kelebihannya?  

Tantangan saat menjual melalui pasar 

Mari kita mulai dengan tantangan dan aspek yang kurang positif dari pasar yang dikombinasikan dengan penguatan merek Anda. 

Menciptakan pengalaman merek 

Marketplace menawarkan sedikit ruang dalam hal menciptakan pengalaman merek. Kesimpulan ‘kerusakan pengalaman merek’ dengan cepat ditarik ketika Anda mempertimbangkan bahwa Anda tidak dapat mempengaruhi tiga elemen dasar gaya rumah (logo, font dan warna) di seluruh halaman.  

Meningkatkan persaingan 

Jumlah penyedia di pasar berkembang pesat dan persaingan meningkat. Oleh karena itu, menjadi semakin penting untuk membedakan diri Anda di pasar. Pengalaman merek yang kuat biasanya dapat memainkan peran utama dalam hal ini, tetapi seberapa kuat Anda dapat membuat pengalaman ini di pasar? 

Ritual sangat dikenal untuk menjual pengalaman. Konsumen cukup bersedia membayar lebih untuk ini. Tetapi jika saya menempatkan kedua hasil pencarian ini di samping satu sama lain, gel mandi Rituals tampaknya menjadi alternatif yang kurang dihargai (skor ulasan lebih rendah) dan lebih mahal daripada gel mandi Sanex. Merek Anda harus sangat kuat (seperti Ritual), jika Anda tidak ingin dinilai berdasarkan harga, ulasan, dan waktu pengiriman di pasar. 

Membangun hubungan dengan konsumen 

Sulit untuk membangun ikatan yang kuat dengan konsumen melalui pasar. Banyak konsumen bahkan tidak menyadari bahwa mereka melakukan pembelian dari pihak ketiga melalui pasar. Pada fase perawatan (yaitu setelah melakukan pembelian), hanya ada sedikit peluang untuk menjangkau konsumen dengan benar. Fase ini ada di tangan pasar. Tambahkan ke fakta bahwa Anda sering terbatas dalam komunikasi dengan konsumen dan kemungkinan branding selama pengiriman. Oleh karena itu, pasar mempersulit untuk membangun loyalitas pelanggan, sedangkan loyalitas pelanggan adalah salah satu efek dari penguatan merek. 

Peluang untuk berjualan di marketplace 

Untungnya, ada juga sisi positif dari berjualan via marketplace, dalam hal memperkuat brand Anda. Penting untuk disadari bahwa platform seringkali hanya merupakan bagian dari keseluruhan perjalanan pelanggan online. Dengan menggunakan pasar secara cerdas, Anda juga dapat meningkatkan tujuan merek. 

Memastikan kesadaran merek dari produk Anda 

Melalui pasar, Anda dapat menjangkau banyak pelanggan (potensial) dengan sedikit usaha. Anda juga dapat dengan mudah menjangkau grup target yang sangat spesifik melalui beberapa platform. 

Percaya pada merek Anda 

Konsumen umumnya memiliki banyak kepercayaan di pasar. Menawarkan produk Anda pada platform yang andal dapat secara langsung berkontribusi pada kepercayaan pada merek Anda, terutama jika itu baru bagi mereka. Selain itu, platform pasar sering mendapat skor tinggi pada fungsionalitas dan keramahan pengguna, yang dapat berdampak positif pada persepsi kualitas merek Anda. 

Penggunaan pasar yang tepat 

Oleh karena itu, kemungkinan pengalaman merek di pasar terbatas, tetapi jika Anda melihatnya sebagai bagian dari perjalanan pelanggan total dan menggunakannya dengan cara yang benar, pasar juga dapat berkontribusi untuk memperkuat merek Anda. Itu hanya tergantung pada apa tujuan Anda. 

Jadi pertama-tama pertimbangkan dengan cermat apa yang ingin Anda capai dengan penggunaan pasar dan sesuaikan strategi Anda. Dan jika Anda memutuskan untuk menggunakan marketplace sebagai saluran penjualan tambahan, setidaknya manfaatkan opsi yang tersedia secara optimal. 

 

Referensi:

Yakob Utama Chandra

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031