School of Information Systems

Begini Seharusnya Media Sosial Menurut CEO Twitter

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/11/10460067/begini-seharusnya-media-sosial-menurut-ceo-twitter.
Penulis : Conney Stephanie
Editor : Reska K. Nistanto

CEO Twitter, Jack Dorsey baru-baru ini membagikan pandangannya mengenai media sosial di masa yang akan datang. Dorsey membayangkan, nantinya media sosial mungkin saja memiliki cara kerja di mana penggunanya bisa menentukan algoritma mereka secara personal. Menurut Dorsey, algoritma yang dipersonalisasi itu bertujuan untuk memilah, apa saja rekomendasi konten maupun iklan yang memang benar-benar relevan dengan kesukaan pengguna. Seperti diketahui, saat ini belum ada platform media sosial yang mempunyai keistimewaan tersebut.

“Masa depan di mana Anda dapat memilih apa yang ingin Anda lihat di media sosial, dengan menentukan algoritma rekomendasi sesuai keinginan Anda, bukan menyerahkannya pada perusahaan yang menentukan algoritma,” kata Dorsey. Dorsey pun mengungkap ide adanya platform seperti toko aplikasi, yang menjual algoritma. Pengguna nantinya bisa memilih algoritma mana yang ingin dipakai.  Twitter dikatakan Dorsey bisa membuat bermacam algoritma tersebut untuk diranking dan dipilih pengguna.

Desentralisasi pengguna Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (11/2/2021), ke depannya, Dorsey juga ingin media sosial termasuk Twitter memiliki cara kerja yang terdesentralisasi. Desentralisasi memiliki makna sesuatu yang terlepas dari pusat. Dalam hal ini, media sosial diharapkan tidak selalu mengikat dengan apa pun yang berada dalam jangkauan mereka, salah satunya yaitu pengguna. Dengan begitu, pengguna seolah merasa “dibebaskan” untuk mengatur apa saja konten yang ingin mereka lihat di media sosial.

Conney Stephanie

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031