School of Information Systems

Tips Dasar Belajar Coding

Programmer adalah salah satu profesi yang banyak diminati anak muda terutama anak muda yang berjurusan komputer banyak yang ingin menjadi programmer setelah mereka lulus. tetapi, belajar coding terkadang tidak semudah kelihatannya apabila kita tidak memiliki dasar nya. tetapi, apa si itu coding?

Coding adalah cara kita berkomunikasi dengan komputer, code yang kita buat memberi tahu komputer tindakan apa yang harus dilakukan dan coding juga dapat kita sebut membuat serangkaian intruksi pada program web, aplikasi, dan melakukan banyak hal keren lain juga dapat kita lakukan.

Untuk dapat melakukan coding dengan lebih mudah berikut adalah tips-tips untuk belajar coding:

  1. Mengumpulkan niat dan juga memahami dasar adalah kunci utama, karena apabila dasar saja tidak kita tekuni maka seterusnya belajar coding akan menjadi sulit.
  2. Memilih bahasa pemrograman yang tepat untuk pertama kali belajar, pilih bahasa yang tidak terlalu sulit di awal agar mendapat feel kesenangan juga saat belajar.
  3. Mempelajari bahasa pemrograman satu per satu, tidak seperti 3 bahasa langsung dipelajari dalam satu waktu.
  4. Saat sudah mendapat bahasa pemrograman yang sesuai pelajari dari dasar bahasa itu jangan langsung lompat ke bagian sulit. Tetapi secara bertahap dengan pola belajar yang baik
  5. Mengikuti kursus coding dapat membuat kita belajar sebagai pemula lebih mudah karena biasanya tempat kursus mempunyai mekanisme yang lebih baik untuk pemula.
  6. Memiliki kelompok belajar coding juga sangat berguna untuk belajar coding kita dapat mengetahui ilmu dari teman dan saling bertukar pikiran dan lebih semangat dalam belajar coding
  7. Dan terakhir adalah sering melihat referensi baik dari video, buku, maupun codingan orang lain untuk dapat memberikan gambar saat kita belajar.

Referensi:

https://www.ekrut.com/media/belajar-coding

https://grasshopper.app/why-coding/

Muhammad Wildan