School of Information Systems

Mengenal Istilah OKR

OKR adalah singkatan dari “Objectives and Key Results.” Ini adalah metodologi penetapan tujuan kolaboratif yang digunakan oleh tim dan individu untuk menetapkan tujuan yang menantang dan ambisius dengan hasil yang terukur. OKR adalah cara seseorang melacak kemajuan, membuat keselarasan, dan mendorong keterlibatan di sekitar tujuan yang terukur.

            Baik berbicara tentang operasi kantor, rekayasa perangkat lunak, organisasi nirlaba atau lebih, OKR bekerja sama untuk menetapkan tujuan di banyak tingkat perusahaan. Mereka juga dapat bekerja untuk tujuan pribadi dan bahkan dapat digunakan oleh individu untuk menyelesaikan sesuatu di tempat di mana kepemimpinan senior tidak menggunakannya.

Objectives

Objectives adalah apa yang ingin dicapai, tidak lebih dan tidak kurang. Menurut definisi, Objectives itu signifikan, konkret, berorientasi pada tindakan, dan (idealnya) inspirasional. Ketika dirancang dan diterapkan dengan benar, mereka adalah vaksin melawan pemikiran yang tidak jelas dan eksekusi yang tidak efektif.

Key Result

Key result adalah suatu patokan dan suatu pantauan bagaimana kita mencapai Objectives. KR yang efektif bersifat spesifik dan terikat waktu serta agresif namun realistis. Yang terpenting, mereka dapat diukur dan diverifikasi. Seseorang memenuhi persyaratan key result atau tidak; tidak ada area abu-abu, tidak ada ruang untuk keraguan. Pada akhir periode yang ditentukan, biasanya seperempat, dilakukan pemeriksaan rutin dan menilai key result sebagai terpenuhi atau tidak.

Rumus OKR

OKR biasanya ditulis dengan Objectives di bagian atas dan 3 hingga 5 Key Result pendukung di bawahnya. Sebagai contoh:

Kota Syracuse, New York baru-baru ini menetapkan tujuan ini: untuk “mencapai keberlanjutan fiskal.” Keberlanjutan fiskal adalah tujuan besar, tetapi harus terukur. Itu sebabnya Syracuse menggunakan Objectives dan Key Result.

Saat ditulis, OKR Syracuse akan terlihat seperti ini:

O: Mencapai kesinambungan fiskal.

KR1: Mengurangi varians anggaran dana umum dari 11% menjadi 5%.

KR2: Menghabiskan 95% dari modal dasar proyek dolar pada akhir tahun fiskal.

KR3: Menghabiskan 95% dana hibah untuk hibah dari tahun fiskal sebelumnya.

Referensi:

https://www.whatmatters.com/faqs/okr-meaning-definition-example

Muhammad Thaha Rizieq Hentihu

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031