School of Information Systems

Bahasa Pemrograman Sulit (part 2)

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas 5 bahasa pemrograman Sulit yang ada di dunia seperti malbolge, velato, brainfuck, L33t, dan chicken. Tetapi, bahasa pemrograman yang Sulit dan dapat kita ketahui bukan itu saja, nah berikut adalah bahasa pemrograman Sulit yang ada di dunia.

  1. Piet

bahasa pemograman sulit selanjutnya adalah piet dimana bahasa ini membuat program terlihat seperti lukisan abstrak kalau Anda melihat bahasa pemrograman ini mungkin Anda akan berpikir bahwa bahasa ini bukan bahasa pemrograman. bahasa ini dirancang oleh David Morgan-Mar dan uniknya bahasa ini mengguna-kan 20 warna berbeda.

  1. Lolcode

Lolcode adalah bahasa pemograman yang Sulit dan unik karena ter-inspirasi dari lolspeak. bahasa ini dibuat pada tahun 2007. dan bahasa ini biasanya digunakan hanya untuk membaca file atau menulis teks ke konsol. bahasa ini tidak menggunakan aplikasi untuk menggunakannya tetapi menggunakan website yang menyediakan tools lolcode.

  1. Whitespace

Bahasa pemrograman Sulit selanjutnya dinamakan whitespace yang dibuat oleh Edwin Brady dan Chris Morris. Uniknya dalam bahasa ini hanya menggunakan spasi dan tab saja untuk sintaksnya. Motif membuat bahasa ini adalah untuk karena spasi sering diabaikan dalam bahasa pemrograman. Bahasa ini dikenal sulit untuk dipahami.

  1. Argh!

Kalau mendengar kata argh biasanya kita dengan saat orang lagi kesal. Tetapi argh! Juga di jadikan sebagai sebuah bahasa pemrograman dan dapat kita katakan sulit dimengerti dan unik karena Sascha Wilde yang menciptakan bahasa ini membatasi hanya 80 kolom saja dan kata Argh dalam bahasa ini juga dibatasi hanya 40 saja.

  1. Befunge

Lalu ada bahasa pemrograman yang bernama Befunge yang ditemukan oleh Chris Pressey pada tahun 1993 dalam bahasa ini tidak ada sintaks komentar, bahasa ini juga dapat dikatakan sulit untuk dipahami. lalu untuk menyematkan dokumen pada bahasa ini hanya mengarahkan arus kontrol ke area komentar saja, sehingga teks di area tidak pernah di eksekusi.

Demikian penjelasan bahasa pemograman sulit di dunia untuk saat ini. Untuk bahasa pemograman sulit sebelumnya, kamu dapat membaca artikel selengkapnya di Bahasa Pemograman Sulit (Part 1).

Referensi:

https://www.affde.com/id/bizarre-insane-programming-languages.html

https://www.codepolitan.com/bahasa-pemrograman-paling-absurd/

Muhammad Wildan

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031