School of Information Systems

Bahasa Pemrograman Sulit (part 1)

Bahasa pemrograman adalah istilah umum yang biasanya digunakan programmer dalam menyebut bahasa yang akan digunakan atau dirangkai untuk membuat sebuah hasil yang diinginkan seperti aplikasi yang dapat digunakan dan dipakai oleh pengguna. Sederhana nya bahasa pemrograaman adalah suatu instruksi yang digunakan untuk memberikan perintah pada komputer agar mampu menjalankan berbagai fungsi tertentu.

Tetapi, bahasa pemrograman yang digunakan oleh programmer tidak sedikit dan juga sama seperti bahasa manusia yang berbeda-beda, bahasa pemrograman juga bisa saja berbeda bentuk dan juga simbol nya satu sama lain. Bahasa pemrograman juga bisa dibedakan dari tingkat kesulitannya, ada yang mudah untuk dipahami dan ada juga yang sulit. Berikut adalah beberapa bahasa pemrograman yang bisa di bilang adalah bahasa yang sulit.

  1. Malbolge
    Diciptakan pada tahun 1998 bahasa malbogne disebut juga  sebagai Lingkaran neraka ke-8,bukan tanpa sebab tetapi karena bahasa ini memang sangat unik dan sulit dimengerti.
  1. Velato
    Velato juga merupakan bahasa yang sulit karena bahasa ini terlihat seperti lembaran not musik yang mungkin secara sekilas akan dianggap not musik bukan sebagai bahasa pemrograman. Tetapi, memang seperti kelihatannya program di velato dapat di dengar seperti musik melalui pemutar audio.
  2. Brainfuck
    Bahasa ini diciptakan pada tahun 1993. Brainfuck bekerja dengan array dalam memori cells. lalu bahasa ini hanya terdiri dari 8 perintah dan sebuah pointer instruksi. walaupun terkenal sulit tetapi bahasa ini dimaksudkan juga untuk menghibur programmer.
  1. L33t
    Bahasa L33t merupakan bahasa sulit dan mirip dengan bahasa pemrograman brainfuck. Ditemukan oleh Stephen McGreal dan Alex Mole, unik nya opcode yang digunakan pada bahasa ini hanya terdiri dari 10 opcode saja. Yaitu, NOP, WRT, RD, IF, EIF, FWD, BAK, INC, DEC, CON, END.
  1. Chicken
    Bahasa pemrograman satu ini ditemukan oleh Torbjörn Söderstedt dilihat dari namanya saja sudah dapat kita ketahui keunikannya. Bahasa ini sulit dan unik karena hanya menggunakan satu perintah saja untuk menjalankan bahasa ini. Bahasa ini hanya terdiri dari ‘chicken’, ‘ ‘ dan ‘\n’

Demikian adalah bahasa pemrograman sulit yang dapat diketahui. Anda dapat melihat artikel selanjutnya pada bahasa pemrograman sulit (part 2).

 

Referensi:

https://accurate.id/teknologi/bahasa-pemrograman/

https://www.codepolitan.com/bahasa-pemrograman-paling-absurd/

Muhammad Wildan