School of Information Systems

Pengaruh Teknologi Informasi dalam Pendidikan

Di era globalisasi ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ditandai dengan kemajuan di bidang media informasi dan teknologi. Teknologi informasi adalah sesuatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua aspek kehidupan manusia. Penggunaan teknologi informasi oleh masyarakat menjadikan teknologi semakin lama semakin canggih.  Teknologi yang berkembang saat ini sudah memasuki tahap digital sehingga banyak sekali yang dapat dimanfaat dari teknologi khususnya di bidang pendidikan.

            Teknologi ini sendiri merupakan hasil perkembangan ilmu pengetahuan, yang terjadi di dunia pendidikan. Sehingga ini membuat banyak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi contohnya seperti pembelajaran secara Online Class. Teknologi digital kini sudah mulai digunakan di dalam lembaga pendidikan sebagai sarana untuk mendukung pembelajaran dan sebagai alat informasi untuk mengakses informasi atau sebagai alat pembelajaran yaitu sarana penunjang kegiatan belajar dan tugas.

            Teknologi pendidikan adalah metode untuk merencanakan, menggunakan, dan menilai seluruh kegiatan pengajaran dan pembelajaran, sehingga mendapatkan bentuk pendidikan yang lebih efektif. Teknologi pendidikan adalah suatu proses sistemik dalam membantu memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan dapat dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran sehingga tercapai hasil yang diinginkan.

            Salah satu penggunaan teknologi dalam meningkatkan pembelajaran seperti multimedia interaktif. Multimedia interaktif adalah suatu media yang terdiri dari gambar, suara, dan bahan-bahan video yang disajikan di bawah kontrol komputer untuk peserta didik, sehingga peserta didik tidak hanya melihat gambar dan mendengar suara tetapi juga membuat respon. Di sisi lain bila penggunaan teknologi tidak sesuai dengan yang dibutuhkan dalam pembelajaran atau tidak adanya kontrol guru dalam penggunaan teknologi selama pembelajaran, maka teknologi tersebut dapat menjadi boomerang bagi pemakainya sendiri.

            Teknologi seperti komputer juga dapat membuat kesenjangan sosial. Hal ini dapat dilihat dalam proses pembelajaran secara online. Bagi peserta didik yang sudah paham dan terbiasa dalam mengoperasikan komputer dapat dengan mudah menggunakannya sehingga mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Sementara bagi peserta didik yang belum mengenal komputer dan belum bisa mengoperasikannya, maka belajarnya akan terfokus pada cara pengoperasian komputer, bukan pada materi yang seharusnya ia pelajari.

            Dengan adanya teknologi digital pembelajaran dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dan pada usia berapa saja. Internet menyediakan banyak informasi dari bermacam-macam sumber yang dapat dengan mudah diakses oleh banyak orang untuk memperluas pengetahuan mereka. Selain itu banyak juga guru yang memberikan tugas untuk mencari informasi yang dibutuhkan dalam pembelajaran di internet secara mandiri. Teknologi internet dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran jarak jauh yaitu pembelajaran melalui telekomunikasi.

Dalam pembelajaran jarak jauh ini peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dimana saja dan kapanpun sehingga pembelajaran menjadi lebih fleksibel. Pembelajaran jarak jauh merupakan solusi bila tidak dapat bertatap muka secara langsung disebabkan keterbatasan waktu, tempat maupaun halangan seperti keadaan pandemi ini. Namun hal ini juga dapat memberikan dampak kurang baik seperti kurangnya sosialisasi antar peserta didik sehingga tidak menuntut kemungkinan sesama peserta didik tidak mengenal satu sama lain. Dari artikel ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi dalam pendidikan memang dapat mempermudah pembelajaran pendidikan, namun teknologi belum tentu dapat menyelesaikan semua persoalan yang berkaitan dengan pendidikan seperti bagaimana cara bersosialisasi dan memiliki bersikap yang baik.

Referensi :

file:///C:/Users/Winna/Downloads/54-Article%20Text-79-1-10-20191209.pdf

file:///C:/Users/Winna/Downloads/Pengaruh%20Teknologi%20terhadap%20Pendidikan%20di%20Era%20sekarang.pdf

http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54

http://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/130/208

https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/452

Winna Young

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031