School of Information Systems

Masa Depan Transformasi Bisnis Digital di 2021

Teknologi mengubah lanskap bisnis. Untuk bertahan dan berkembang dalam lanskap bisnis yang berubah ini, setiap bisnis harus belajar bagaimana mengubah bisnis mereka secara digital. Ada banyak alasan mengapa sebuah bisnis melakukan transformasi digital, misalnya:

Adanya permasalahan produktivitas

Transformasi digital dapat menjadi solusi untuk meningkatkan produktivitas perusahaan dengan memecah setiap hambatan dalam proses bisnis dan membuat alur kerja yang ada menjadi lebih sederhana dan efisien. Ada juga peluang untuk mengotomatisasi beberapa proses manual dengan memanfaatkan teknologi yang benar. Misalnya, perusahaan menggunakan OCR atau pemindaian barcode untuk mengurangi entri data manual.

Ada masalah dalam pengalaman pelanggan saat ini

Sebuah bisnis perlu memenuhi harapan pelanggan di dunia yang kompetitif ini. Meningkatkan kepuasan pelanggan dapat membawa dampak yang besar bagi bisnis perusahaan. Menyediakan perjalanan pelanggan yang sederhana, personalisasi pelanggan berbasis data, dan pengalaman omnichannel kepada pelanggan adalah kunci untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Kurangnya analisis untuk mendukung proses pengambilan keputusan

Dengan bantuan alat intelijen bisnis modern, setiap perusahaan dapat dengan mudah memproses dan menggabungkan datanya, dengan cepat mendapatkan wawasan, dan kemudian mengubahnya menjadi informasi yang berarti. Transformasi digital dalam pengambilan keputusan akan membantu perusahaan untuk bereaksi dan mengambil peluang dengan lebih cepat dan akurat.

Perlu meningkatkan keuntungan perusahaan

Dengan pendekatan yang tepat, transformasi digital dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan. Akhirnya, ketika sebuah perusahaan fokus pada peningkatan produktivitas, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan selalu membuat keputusan yang benar, itu juga akan memperoleh peningkatan profitabilitas yang signifikan.

Situasi yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19 telah banyak mengubah perilaku dan harapan pelanggan, dan beberapa perubahan dapat berlangsung bahkan setelah pandemi. Untuk meningkatkan survivabilitas, setiap bisnis perlu beradaptasi dengan situasi tersebut dengan cepat, dan dalam beberapa kasus, transformasi digital yang juga akan mengubah proses bisnis atau model bisnis dapat menjadi solusi.

Ada banyak contoh bagaimana bisnis mengubah proses bisnis mereka dalam menanggapi situasi pandemi. Sebagai contoh, beberapa restoran telah menerapkan menu digital dan sistem pemesanan online yang dapat diakses oleh pelanggan menggunakan smartphone mereka sendiri.

Dalam hal adopsi teknologi yang akan mendukung transformasi digital, ada beberapa tren di tahun 2021 yang perlu kita waspadai, seperti:

Kecerdasan Buatan dan Pembelajaran Mesin

Kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin keduanya merupakan teknologi paling canggih saat ini. Banyak orang percaya bahwa itu akan digunakan secara luas dan mengubah lanskap masa depan. Implementasi AI dalam proses bisnis akan membantu mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi operasional, menghindari kemungkinan kesalahan manusia, dan membuat keputusan lebih cepat. Beberapa contoh implementasi AI adalah sistem pengenalan wajah, chatbots, deteksi penipuan, dll.

Analisis Data dan Intelijen Bisnis

Karena semakin banyak perusahaan yang perlu membuat keputusan bisnis berbasis data yang benar dengan lebih cepat, adopsi analisis data dan intelijen bisnis dalam proses pengambilan keputusan bisnis akan mengalami ledakan pada tahun 2021.

Infrastruktur Modern

Teknologi infrastruktur Cloud mengalami begitu banyak peningkatan dalam satu dekade terakhir. Dengan begitu banyak pilihan infrastruktur modern yang tersedia, istilah XaaS dapat merujuk pada apa pun yang dapat disediakan sebagai layanan sekarang. Adopsi infrastruktur modern seperti container, Kubernetes, komputasi tanpa server, dan cloud hybrid dapat secara signifikan mengurangi biaya operasional dan memaksimalkan pemanfaatan sumber daya server.

Layanan Mikro

Dengan pendekatan layanan mikro , aplikasi akan disusun sebagai kumpulan layanan independen kecil yang digabungkan secara longgar dan sangat dapat dipelihara. Dengan mengadopsi layanan mikro, aplikasi akan memiliki infrastruktur yang andal tanpa downtime. Ini juga sangat cocok untuk pengembangan tangkas yang akan membantu mengurangi waktu ke pasar.

Setelah sebuah bisnis memutuskan untuk melakukan transformasi digital, diperlukan strategi untuk sukses dalam transformasi tersebut. Ada beberapa faktor keberhasilan dalam transformasi digital, seperti:

Memiliki tujuan dan sasaran yang jelas

Sebelum melakukan transformasi digital, kita perlu bertanya pada diri sendiri:

“mengapa” kita membutuhkannya?

“apa” yang ingin kita capai?

“bagaimana” kita bisa mengukur kesuksesan?

Menetapkan tujuan dan sasaran yang jelas akan mencegah kita tersesat dan menjaga kita di jalur yang benar. Saat menentukan KPI akan membuat kita fokus pada apa yang ingin kita capai dan memperhatikan hal-hal yang harus kita perhatikan.

Strategi Strategi yang tepat dapat meningkatkan keberhasilan transformasi digital secara signifikan. Strategi harus dibuat berdasarkan wawasan yang berarti dari analisis data. Data akan menghasilkan informasi yang berguna tentang perilaku pelanggan, kinerja proses saat ini, penjualan, dan membantu kami mengidentifikasi peluang yang dapat kami ambil.

Adopsi teknologi modern Memanfaatkan teknologi modern akan membantu kita untuk mengotomatisasi proses, mengurangi biaya, meningkatkan kinerja bisnis, dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Lakukan setahap demi setahap Transformasi digital harus dilaksanakan selangkah demi selangkah. Dan kita perlu menerapkan siklus perencanaan – pelaksanaan – evaluasi di setiap langkah.

Today, digital transformation is required in all areas of an organization or business. Implementing the right technology & strategy can improve the chances of successfully making digital changes to the business.

https://suitmedia.com/ideas/the-future-of-digital-business-transformation-in-2021

Yakob Utama Chandra