School of Information Systems

Huawei Mobile Service

HUAWEI Mobile Services (HMS) adalah aplikasi dan layanan dari Huawei untuk ekosistem perangkat yang dianggap menyediakan pengalaman lebih cerdas, lebih cepat, dan lebih mulus kepada seluruh user di seluruh dunia.

HMS memiliki berbagai layanan mulai dari HUAWEI browser, HUAWEI Assistant, HUAWEI Quick App, HUAWEI Video, HUAWEI Music, HUAWEI Mobile Cloud, HUAWEI Themes, HUAWEI Reader, dan yang menjadi andalan tentu saja Huawei AppGallery. Huawei AppGallery dibuat untuk menyaingi Google Play Store, sehingga pada Huawei AppGallery ini konsumen dapat mencari dan mengunduh beragam aplikasi. Sejak pelirisannya secara global di bulan April 2018, AppGallery telah melayani lebih dari 300 juta user aktif per bulannya di 170 negara. Pengunduhan yang terakumulasi telah mencapai 180 juta dalam setahun dan jumlah aplikasi yang diluncurkan di HUAWEI AppGallery telah meningkat seiring bertambahnya developer yang bergabung ke Ekosistem HMS.

Seputar informasi singkat soal layanan HMS selain HUAWEI AppGallery mulai dari HUAWEI browser yang merupakan browser bawaan dari setiap smartphone yang di kembangkan oleh Huawei, tentunya ini di gunakan untuk bersaing dengan google terlebih google di larang dalam produk Huawei. HUAWEI Assistant bergunan untuk menjadi asisten pribadi dengan mengatur jadwal harian. HUAWEI Mobile Cloud adalah penyimpanan data secara cloud semacam dengan Google Drive. HUAWEI Quick App memungkinan para user dapat mengakses aplikasi yang di inginkan tanpa perlu mengunduh dan menyimpannya di smartphone.. HUAWEI Video adalah layanan untuk streaming dengan berbagai konten yang diingikan mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. HUAWEI Music adalah aplikasi yang di ciptakan dengan harapan para user bisa memeperoleh pengalaman musik dengan kualitas tinggi.

Agar lebih menarik perhatian para user-nya, Huawei menyediakan konten eksklusif dan mengadakan event yang memungkinkan para user untuk memperebutkan berbagai hadiah mulai dari event game khusus, kompetisi, pengundian hadiah, dan apreasiasi khusus untuk user AppGallery. Bagi gamers, aplikasi ini mampu meningkatkan pengalaman gaming dengan judul game terbaru, yang sudah dioptimalkan untuk bermain lebih cepat, mulus, dan lebih lama di ponsel Huawei.

HUAWEI AppGallery merupakan aplikasi global dan lokal. Ini menyediakan rekomendasi yang cerdas untuk pengguna Mate 30, disesuaikan dengan lokasi dan pilihan negara pengguna. Rekomedasi cerdas termasuk aplikasi lokal dan terdepat, aplikasi lokal yang populer, serta versi terbaik dari tiap aplikasi berdasarkan jenis ponsel.

Untuk mewujudkan ekosistem HMS yang kaya, HUAWEI Mate 30 Pro terus berusaha menyediakan pengalaman digital AI yang lebih cepat, lebih cerdas, dan lebih mulus kepada para user. Saat ini, HMS Ecosystem telah menarik 1.01 juta developer yang terdaftar di seluruh dunia.

Salah satu cara HUAWEI untuk mengajak developer-developer terbaik di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia untuk membuatkan aplikasi yang akan di luncurkan ke dalam HUAWEI AppGallery dan juga untuk meyakinkan mitra bisnis untuk berkolaborasi bersama HMS ini, Huawei akan mengadakan event HUAWEI Developer Day (HDD) di Singapura.

Event ini akan mengumpulkan developer-developer ternama dari Asia Tenggara dan salah satunya tentu saja Indonesia, untuk memastikan konsumen lokal di tiap negara akan mendapatkan pengalaman yang mulus saat menggunakan smartphone Huawei.

Menurut Lo Khing Seng, misi HUAWEI Mobile Services adalah sebagai jembatan di antara mitra kreasi konten, mendukung para developer untuk menyediakan pengalaman yang lebih cerdas, lebih cepat, dan lebih mulus kepada seluruh user di seluruh dunia dengan smartphone Huawei ini. “Kami akan membantu developer untuk dengan mudah mencapai berbagai touchpoint di ekosistem Huawei, sehingga developer dapat fokus pada inovasi dengan dukungan penuh dari Huawei,” pungkas Lo Khing Seng.

References:

https://biz.kompas.com/read/2020/06/29/112259828/6-layanan-huawei-mobile-service-bikin-smartphone-jadi-mirip-asisten-pribadi

https://gizmologi.id/news/huawei-mobile-services/

Alvin Antony