School of Information Systems

Cara Menguji Konten dengan Pengguna

Menulis konten digital yang baik membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang siapa pengguna Anda, bagaimana mereka berpikir, dan apa yang mereka ketahui. Menguji konten produk Anda dengan pengguna dapat membantu Anda menentukan apakah:

  • Pengguna Anda dapat dengan mudah memahami dan memproses informasi
  • Konten memiliki nada suara yang telah Anda tentukan sebelumnya
  • Ada istilah jargon yang perlu dijelaskan

Anda dapat mengevaluasi konten Anda menggunakan berbagai metode (termasuk pelacakan mata dan tes cloze), tetapi cara favorit kami adalah melalui pengujian kegunaan. Tes kegunaan yang berfokus pada konten dapat bekerja seperti tes lainnya, tetapi ada beberapa nuansa yang perlu dipertimbangkan ketika tujuan utama mengevaluasi salinan digital.

Struktur & Fasilitas Tes

Pelajari Tentang Topik dan Konten

Sebagai peneliti atau fasilitator, Anda harus sangat familiar dengan konten yang akan Anda uji dan dengan domainnya. Ini sangat penting bagi orang yang bekerja untuk agensi, karena mereka mungkin baru di bidang konten.

Misalnya, bayangkan kita disewa untuk menguji konten di Investopedia.com, sebuah situs yang menyediakan berita investasi serta penjelasan tentang konsep keuangan kompleks yang ditulis untuk tingkat pengalaman yang berbeda. Kita harus mulai dengan menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menjelajahi situs: mempelajari jenis konten yang ditawarkan, audiens target, dan sebanyak mungkin tentang konten tersebut. Jenis pengetahuan yang terakhir ini akan sangat penting jika kita belum terlalu akrab dengan keuangan atau investasi.

Kami juga ingin menghabiskan waktu dengan pembuat konten, serta pakar materi pelajaran. Sebagai seorang peneliti, Anda tidak perlu menjadi ahli dalam topik (investasi), tetapi Anda harus memiliki gambaran kasar tentang apa yang dibaca peserta Anda.

Gunakan Studi yang Dimoderasi Daripada Tidak Dimoderasi

Dalam studi jarak jauh yang tidak dimoderasi, peserta bekerja sendiri, tanpa kehadiran fasilitator. Meskipun variasi pengujian kegunaan ini lebih murah, kami menyarankan Anda untuk tidak menggunakannya untuk studi konten. Ketika mencoba menemukan bagaimana orang meneliti suatu topik, membandingkan penawaran, dan membuat keputusan, pendekatan terbaik adalah melakukan studi yang dimoderasi, di mana seorang fasilitator hadir (secara fisik atau jarak jauh).

Fasilitator dapat memastikan bahwa peserta memproses konten secara alami alih-alih mendekati tugas secara dangkal.

Studi konten cenderung memiliki rentang waktu yang lama ketika pengguna hanya memindai halaman demi halaman—dalam keheningan. Saat dibiarkan sendiri (seperti dalam tes jarak jauh yang tidak dimoderasi), peserta mungkin merasa canggung dan bertanya-tanya apakah mereka membantu. Tanpa umpan balik dan jaminan yang tepat, peserta mungkin terburu-buru melalui tes dan mendekati tugas dengan cara yang dangkal. Perilaku ini sering diperkuat oleh waktu sesi yang lebih pendek yang umum dalam pengujian yang tidak dimoderasi (biasanya 20-30 menit).

Selain itu, memiliki fasilitator memungkinkan pertanyaan tindak lanjut dan klarifikasi yang spesifik dan dipersonalisasi, seperti “Saya perhatikan Anda ragu-ragu pada paragraf ini, dapatkah Anda memberi tahu saya apa yang Anda pikirkan?”

Tabel di bawah ini berisi lebih banyak contoh pertanyaan tindak lanjut yang berharga untuk studi konten.

Follow-Up Question Goal
Apa pendapat Anda tentang informasi itu?

 

Jika Anda dapat mengubah sesuatu tentang informasi itu, apakah itu?

 

Apa yang mudah atau sulit dipahami, atau mengapa?

Dorong peserta untuk berbagi masalah atau masalah apa pun yang mereka perhatikan dengan konten
Apa arti kata [X] bagi Anda? Tentukan apakah istilah teknis masuk akal bagi peserta atau apakah itu jargon dan perlu penjelasan yang lebih baik
Jika Anda harus menjelaskan hal ini kepada seorang anak, apa yang akan Anda katakan?

 

Bisakah Anda meringkas informasi itu dengan kata-kata Anda sendiri?

Evaluasi apakah peserta memahami apa yang baru saja mereka baca

 

(Jika mereka dapat dengan mudah dan benar meringkas konten dengan kata-kata mereka sendiri, itu indikasi yang baik bahwa mereka memahaminya. Tetapi jika mereka harus melihat kembali teks dan membaca kata demi kata darinya, mereka mungkin tidak memiliki pemahaman yang jelas. )

Bayangkan seseorang mengucapkan kata-kata ini kepada Anda. Siapa orang itu?

 

Seperti apa penampilan atau tindakan mereka?

 

Pekerjaan apa yang akan mereka miliki?

Secara halus minta peserta untuk menjelaskan nada suara konten

Nuril Kusumawardani