School of Information Systems

Mengenal NFT

Pada beberapa waktu ini, perbincangan terkait topik NFT banyak dilakukan. Hal ini membuat banyak orang mulai berusaha untuk mempelajari lebih dalam terkait NFT. Lantas, apakah NFT itu? NFT atau Non-Fungible Token merupakan sebuah aset digital yang dapat mewakilkan berbagai barang berharga dengan nilai yang non-fungible atau tidak memiliki kemampuan untuk dapat ditukarkan ataupun digantikan dengan aset tertentu dengan nilai yang sama. NFT merupakan salah satu bagian dari blockchain dan data catatan transaksi milik setiap NFT akan terdapat juga di dalam blockchain. Beberapa karakteristik yang dimiliki oleh NFT mencakup:

  • Terdapat Sifat Kepemilikan yang Mutlak

Pada kepemilikan NFT, terdapat sifat kepemilikan yang mutlak. Hal tersebut berarti orang yang memiliki kepemilikan terhadap suatu aset NFT, akan memiliki hak milik penuh terhadap aset tersebut. Namun, hak cipta untuk dapat menambah ataupun memperbanyak aset NFT tetap dipegang oleh pembuat NFT.

  • Merupakan Aset yang Memiliki Keunikannya Sendiri

Setiap NFT yang dibuat hanya dapat dibuat satu kali dan tidak dapat ditukarkan dengan NFT lain karena memiliki nilai yang tidak bisa disamakan. Selain itu, setiap NFT yang dibuat juga memiliki suatu “IMEI” seperti yang terdapat pada setiap handphone serta spesifikasi dan fitur nya tersendiri yang unik dan berbeda antar satu sama lain.

  • Memiliki Kemudahan dalam Penerapan Sistem Verifikasi

Setiap NFT juga memiliki kemudahan dalam penerapan sistem verifikasi tuntuk para pemiliknya. Hal ini dapat dilakukan dengan sistem verifikasi yang bekerja layaknya sidik jari pada setiap NFT. Selain itu, setiap pemilik atau pembuat NFT dapat menyimpan informasi tertentu serta memasukkan tandatangan mereka pada metadata NFT yang dibuat atau dimiliki.

  • NFT Ada sebagai Sebuah Keseluruhan

Karakteristik lainnya dari NFT adalah sifatnya yang tidak bisa dipecah atau didenominasi menjadi lebih kecil, layaknya Satoshi BTS atau wei ETH. Hal ini dikarenakan NFT secara eksklusif ada sebagai sebuah keseluruhan.

Dengan berbagai karakteristik dan keunggulan yang ditawarkan oleh NFT, saat ini banyak sektor yang sudah mulai menerapkan NFT. Berikut beberapa contohnya:

  • Sektor kesenian: berbagai seni digital sudah mulai dibuat menjadi suatu NFT karena dapat publikasikan online secara aman, dapat di klaim dengan mudah, terjaga keaslian karya dari plagiarism, serta dapat dimanfaatkan sistem smart contract untuk pencatatan royalty.
  • Sektor hiburan: berbagai sektor hiburan seperti barang koleksi memiliki potensi pasar yang sangat besar pada NFT. Contoh barang – barang koleksi tersebut adalah hewan peliharaan virtual, berbagai avatar unik, ataupun cuplikan – cuplikan video yang bersejarah.
  • Sektor bisnis: pada sektor bisnis, beberapa contoh penerapannya adalah dengan menghubungkan antara aset fisik, seperti bukti terkait kepemilikan tanah atau berbagai jenis properti lainnya.

Referensi:

https://glints.com/id/lowongan/nft-adalah/#.YfE-1-pBzrd

https://pintu.co.id/academy/post/nft-adalah

Aristia Utari Putri