School of Information Systems

Facebook Ads dan Keunggulannya

Facebook merupakan sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Mulanya, Facebook terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif dengan lebih dari separuhnya melalui mobile.

Pada November 2007, Facebook memperkenalkan layanan iklan berbayar yang dimiliki platform Facebook. Facebook Ads dipercaya memiliki potensi yang besar karena banyaknya pengguna Facebook sehingga iklan dapat ditampilkan kepada audiens berdasarkan demografinya. Demografi mencakup pendidikan, umur, pekerjaan, jenis kelamin, dan berbagai hal penting lainnya yang terkait dengan target pasar yang ingin dijangkau. Dengan menggunakan Facebook Ads, pengiklan akan lebih mudah menentukan dan mencapai target konsumen.

Keunggulan dari Facebook Ads adalah :

  1. Meningkatkan Branding

Facebook awalnya dibuat dengan tujuan untuk membangun jaringan pertemanan. Jaringan ini tidak mengenal batasan wilayah, karena pengguna yang ada di ujung Timur bisa terhubung dengan pengguna yang ada di ujung Barat hanya dengan hitungan detik. Sehingga dengan menggunakan Facebook Ads, produk atau bisnis dapat dipromosikan dengan cakupan yang lebih luas, mengingat Facebook yang tidak memiliki batasan wilayah. Dengan menggunakan Facebook Ads, produk atau bisnis dapat menjadi semakin dikenal dan membuka peluang demografik pelanggan yang lebih luas. Dengan memasang iklan berbayar, ada banyak keuntungan yang bisa diraih karena branding yang dibangun menjadi lebih kuat dan brand awareness bisnis semakin besar.

  1. Target Iklan Lebih Spesifik

Dengan menggunakan Facebook Ads, iklan yang dipasang akan lebih tertarget karena pengiklan dapat melakukan pengaturan sesuai dengan konsumen yang hendak dijangkau berdasarkan data usia, jenis kelamin, pekerjaan, minat, bahkan hobi. Pengaturan target pasar yang jelas akan meningkatkan potensi untuk mendapatkan konsumen yang tepat. Sebagai contoh penerapan target pasar, misalnya produk fashion wanita remaja. Pengiklan dapat menyesuaikan target pasar mulai dari wanita remaja berusia 15 hingga orang muda berusia 25 tahun yang masih memiliki ketertarikan dengan gaya berpakaian sesuai dengan produk yang diiklankan. Apabila harga produk cukup mahal, pengiklan dapat mempertimbangkan untuk menargetkan kota – kota besar. Sebaliknya, jika harga produk cukup terjangkau dan ekonomis, pengiklan dapat memasukkan kota kecil dan kabupaten sebagai wilayah yang ingin dibidik.

  1. Budget Dapat Disesuaikan

Facebook Ads merupakan iklan berbayar yang cukup terjangkau. Pengiklan dapat melakukan pengaturan sesuai dengan dana yang ada dan dengan target pasar yang sudah ditentukan. Dengan perngaturan yang tepat, walaupun dana yang tersedia terbatas, pengiklan tetap dapat mencapai target yang diharapkan. Facebook Ads merupakan iklan yang dianggap efektif, namun pengiklan tetap perlu memastikan dan menganalisis dana yang tersedia terlebih dahulu.

  1. Membangun Komunitas Pelanggan

Pengiklan dapat memanfaatkan berbagai macam fitur yang tersedia di Facebook untuk membangun komunitas. Dengan bantuan pemasangan iklan, komunitas tersebut berpotensi untuk terus berkembang dan anggota baru dapat terus bertambah. Sehingga komunitas tersebut dapat menjadi sarana untuk penjualan serta pemilik bisnis dapat mempererat interaksi dengan pelanggan. Pengiklan juga bisa bergabung dengan komunitas – komunitas yang sudah ada di Facebook. Dengan bergabung bersama komunitas yang sesuai dengan brand, maka target pasar yang dibidik juga akan lebih tepat dan meningkatkan kemungkinan terjadinya penjualan. Lakukan interaksi dengan komunitas dengan membuat konten yang menarik sehingga brand dapat lebih dikenal oleh para anggota komunitas.

Referensi

https://redcomm.co.id/knowledges/5-keuntungan-menggunakan-facebook-ads?readmore=true

https://www.facebook.com/business/tools/ads-manager?content_id=TMsmHPBT7ytvwY3&ref=sem_smb&utm_source=GOOGLE&utm_medium=fbsmbsem&utm_campaign=PFX_SEM_G_BusinessAds_ID_EN_Brand_Exact_Desktop&utm_content=Ads_Evaluating&kenid=_k_CjwKCAiA3L6PBhBvEiwAINlJ9BzrVzWXAYP5RFWOTvGdpjgqQoOOZTME7hjvVlkFssmNEu3aDMOZ5hoC6xkQAvD_BwE_k_&utm_term=facebook%20ads&utm_ct=EVG&gclid=CjwKCAiA3L6PBhBvEiwAINlJ9BzrVzWXAYP5RFWOTvGdpjgqQoOOZTME7hjvVlkFssmNEu3aDMOZ5hoC6xkQAvD_BwE

Felicia Evan