School of Information Systems

Mengenal Teknik Feynman untuk Metode Belajar

Apa itu Teknik Feynman?

Teknik Feynman adalah teknik belajar dengan seolah-olah mengajarkannya pada orang lain. Cukup tulis catatan yang seolah-olah akan dibaca oleh orang lain dengan penyampaian yang sederhana dan mudah dipahami. Teknik atau metode pembelajaran ini diturunkan dari pemikiran fisikawan Richard Feynman. Cara belajar Teknik Feynman ini diketahui dari buku biografi Richard Feynman berjudul “Genius: The Life Sciences of Richard Feynman” oleh James Gleick. Richard Feynman adalah saintis penerima Nobel di bidang Fisika tentang Elektrodinamika Kuantum pada tahun 1965.

Disamping kehidupannya sebagai saintis, ternyata beliau juga seorang guru yang hebat. Bahkan beliau dijuluki sebagai “The Great Explainer” karena dapat menjelaskan teori atau ide yang sangat kompleks dalam bahasa yang sederhana sehingga orang awam dapat mengerti. Oleh karena itu, teknik ini dinamakan menurut namanya. Bisa dikatakan, inti dari teknik ini adalah melibatkan pemikiran sederhana untuk memahami suatu konsep maupun permasalahan yang cukup rumit untuk dipahami. Yang salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan pencarian celah ketidakpahaman dari konsep yang akan dipahami. Teknik ini dapat diterapkan di berbagai bidang, tidak tertutup pada sains saja. Sejarah, ekonomi, IT, apapun subjeknya, Feynman Technique dapat diterapkan untuk meningkatkan kepahaman kita terhadap pembelajaran suatu konsep.

Manfaat Teknik Feynman

  • Dapat memahami sesuatu dengan utuh,
  • Tiap langkah diterapkan mendorong untuk terus mencari tahu apakah sebenarnya memahami suatu topik atau tidak,
  • Membantu meningkatkan keterampilan mengajar,
  • Meningkatkan kapasitas seseorang untuk menggunakan keterampilan critical thinking,
  • Teknik Feynman membantu siswa memecahkan masalah kompleks menjadi solusi sederhana.

Cara Melakukan Teknik Feynman

  1. Tuliskan di selembar kertas

Mula-mula, tulislah judul topik yang ingin kamu jelaskan atau pelajari di bagian atas kertas. Kemudian, tulis apapun yang kamu ketahui tentang topik tersebut di bawahnya. Tulis terus setiap menemukan pemahaman baru.

  1. Tulis dan jelaskan konsep dengan bahasa yang sederhana

Setelah punya “oret-oretan”, coba tulis kalimat sendiri yang menjelaskan topik tersebut dengan bahasa yang simpel dan sederhana. Bayangkan kamu sedang menjelaskan topik tadi pada orang awam. Sertakan juga contoh yang bisa dipakai atau dipraktekan.

  1. Kalau ada yang masih susah dijelaskan, pelajari lagi

Ketika ada bagian yang menurutmu masih susah dijelaskan, tandanya ada bagian yang masih kurang dipahami. Kembali pelajari area tersebut sampai kamu benar-benar bisa menjelaskannya dengan baik  dan simpel.

  1. Baca ulang dan sederhanakan (lagi)

Untuk mempermudahmu melakukan ini, coba bayangkan kamu akan menjelaskan konsep ini pada anak-anak. Anak-anak selalu penasaran, dan bakal banyak bertanya “mengapa?” , “kok bisa?”, dan sebagainya. Pakai analogi untuk mempermudah orang memahaminya.

Referensi:

https://campuspedia.id/news/susah-paham-materi-coba-pakai-teknik-feynman-untuk-mempelajari-apapun/

https://medium.com/temalimedia/belajar-lebih-efektif-dengan-teknik-feynman-d5970d10354

https://sourcessay.com/study-more-effectively-with-the-feynman-technique/

https://deepstash.com/idea/8852/the-benefits-of-the-feynman-technique

https://hermonteguh.web.ugm.ac.id/2017/03/24/metode-belajar-feynman-technique/

Zaki Izzani Akbar