School of Information Systems

Pemerintah Siap Operasikan Sistem Pusat Pasar Kerja Tahun Depan (2022)

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) tengah menyiapkan sistem yang akan memfasilitasi pasar kerja nasional. Ini dilakukan untuk memperbaiki sistem pasar kerja yang dinilai masih belum ideal.

“Sistem informasi pasar kerja kita saat ini memang masih harus di-push lebih kuat lagi, setidak-tidaknya menuju yang ideal,” kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (16/3/2021).

Berdasarkan hasil studi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Bank Dunia, Sistem Informasi Pasar Kerja (SIPK) yang ada saat ini masih berada pada tingkatan dasar menuju menengah. Oleh karenanya, pemerintah menekankan pentingnya perubahan dalam skala besar terkait SIPK nasional.

“Pengembangan, perbaikan, dan optimalisasi pasar kerja ini saya kira momentumnya di masa pandemi ini, mengingat ketersediaan data ketenagakerjaan yang dinamis,” ujar Ida.

Untuk mengatasi hal tersebut, Kemnaker pun tengah menyiapkan sistem bernama Pusat Pasar Kerja, guna mengatasi permasalahan tersebut.

Lebih lanjut Ida melaporkan, pada tahun ini pihaknya akan fokus melakukan persiapan pembentukan sistem Pusat Pasar Kerja. Rencananya, sistem ini akan mulai beroperasi pada tahun depan.

“Mudah-mudahan akan selesai dan tahun 2022 kita bisa operasionalkan Pusat Pasar kerja ini,” kata dia.

Kemenaker saat ini disebut sudah mengantongi Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang akan mengoperasikan Pusat Pasar Kerja, dan sedang dalam proses pengisian jabatan.

“Sudah ada SOTK nya sekarang dalam proses pengisian jabatannya, kami mohon dukungan,” ucap Ida.

OPINI SAYA

Pusat pasar kerja yang dikomisi Kemnaker sangat penting demi meningkatkan optimisasi dalam pasar kerja di Indonesia. Saya berharap tahun depan sistem baru ini akan segera beroperasi tahun depan tanpa adanya masalah atau penundaan.

KESIMPULAN

Sistem pasar kerja di Indonesia masih belum ideal. SIPK Indonesia masih berada pada tingkat dasar menuju menengah, hal ini sangat penting untuk diatasi demi pengembangan, perbaikan dan optimisasi pasar kerja pada masa pandemi. Dengan itu Kemaker menyiapkan sebuah sistem informasi bernama pusat pasar kerja untuk mengatasi permasalahan tenaga kerja. Pusat Pasar kerja ini diharap sudah beroperasional pada tahun 2022.

REFERENSI

https://money.kompas.com/read/2021/03/16/141620226/pemerintah-siap-operasikan-sistem-pusat-pasar-kerja-tahun-depan.

Hazel Fauzan Delfianto

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031