School of Information Systems

Package Diagram

Package Diagram merupakan salah satu Structure UML Diagram yang menggambarkan “paket” kelas, use case, atau komponen sistem lainnya dan disertai dengan keterangan ketergantungan kelas satu dengan kelas lainnya. Tujuan utama penggunaan Package Diagram yakni adalah memberikan overview sekumpulan kebutuhan dan desain arsitektur dari sebuah sistem yang memiliki  hubungan logis dalam diagram modularnya (memecah sistem menjadi bagian kecil).

Kedudukan Package Diagram dalam UML

Packages Diagram jarang digunakan di dalam sistem yang berukuran kecil karena memang dari awalnya, sistem berukuran kecil tidak memiliki kelas atau komponen yang banyak, sehingga tidak perlu “dipaketkan” dengan Package Diagram.

Packages Diagram memiliki 3 simbol/notasi utama dalam pembuatannya, yakni:

Package

Packages berisikan sekumpulan elemen UML yang saling memiliki hubungan logical

Import

Notasi import mengartikan sebuah package mengimport sebuah fungsi dari Package lain dan memberikan One Way Permission. One Way Permission dapat dijelaskan seperti Package A mengimport Package B; Maka Package A bisa dapat memakai fungsi Package B, tetapi Package B tidak bisa menggunakan fungsi Package A.

Access

Notasi acces mengartikan sebuah package membutuhkan fungsi dari package lain untuk menjalankan fungsi package itu sendiri.

Package biasanya juga sering bergabung dengan package lain agar fungsi kedua package berjalan dengan lebih efisien; Operasi ini disebut sebagai Package Merge. Seperti yang dikutip dari www.uml-diagrams.org, Penggabungan paket adalah hubungan terarah antara dua paket yang menunjukkan bahwa konten suatu paket diperpanjang oleh konten paket lain. Mekanisme ini digunakan ketika elemen di sebuah package memiliki nama yang sama dengan package dan mewakili konsep yang sama (2 package dengan nama yang sama). Package Merge sering digunakan untuk memberikan definisi yang berbeda dari konsep yang diberikan untuk tujuan yang berbeda, dimulai dari definisi dasar yang sama.

Referensi:

https://www.visual-paradigm.com/guide/uml-unified-modeling-language/what-is-package-diagram/

https://www.slideshare.net/Sangeethadisha/09-package-diagram-124175256

https://www.uml-diagrams.org/package-merge.html

https://guratgarut.com/contoh-package-diagram/

Hans Jandris Liongga, Ferdianto