School of Information Systems

LIABILITAS JANGKA PENDEK

LIABILITAS JANGKA PANJANG – Semua liabilitas lainnya yang tidak dapat diklasifikasikan sebagai liabilitas jangka pendek merupakan LIABILITAS JANGKA PANJANG.

Utang Bank Jangka Panjang yang telah Jatuh Tempo kurang dari satu Tahun  (Current Maturites LTL)

Merupakan bagian liabilitas jangka panjang yang akan jatuh tempo dalam waktu 12 (dua belas) bulan dari tanggal Laporan Posisi Keuangan. Akun ini disajikan dalam Laporan Posisi Keuangan dengan cara merinci jenis liabilitas jangka panjang yang akan jatuh tempo dalam waktu satu tahun (misal: Pinjaman Jangka Panjang, Hutang Sewa Guna Usaha, Hutang Obligasi, dll)

Current Maturities of LTL  terdiri dari account-account :

Liabilitas Jangka Pendek Lainnya  (Other Current Liabilities)

Merupakan liabilitas jangka pendek yang tidak dapat diklasifikasikan dalam akun-akun liabilitas jangka pendek di atas.

Other Current Liabilities terdiri dari account-account :

LIABILITAS JANGKA PANJANG

LIABILITAS JANGKA PANJANG – Semua liabilitas lainnya yang tidak dapat diklasifikasikan sebagai liabilitas jangka pendek merupakan LIABILITAS JANGKA PANJANG.

Liabilitas-Liabilitas yang akan terselesaikan melebihi siklus operasional normal perusahaan, antara lain:

  • Liabilitas yang timbul sebagai bagian dari strukturisasi modal perusahaan berjangka panjang, misalnya: pinjaman bank jangka panjang, promes, Liabilitas sewa jangka panjang.
  • Liabilitas yang timbul tidak dari operasional normal perusahaan, misalnya: Liabilitas premi pensiun, liabiltas pajak tangguhan yang penyelesaiannya belum diketahui secara pasti.

 

 Sub-kelompok “Liabilitas Jangka Panjang” terdiri dari beberapa kelompok akun (parent accounts),  yaitu:
Utang Pihak Berelasi – lain lain  (Due to Shareholder’s & Related Parties)

Merupakan utang kepada pemegang saham dan pihak yang mempunyai hubungan istimewa yang yang berasal dari transaksi bukan dalam rangka kegiatan pokok/normal operasi perusahaan

Utang kepada pihak berelasi – lain lain  disajikan sebesar jumlah yang dapat direalisasi

 

Due to Shareholder’s & Related Parties terdiri dari account-account :

Utang Jangka Panjang (Longterm Loans)

Merupakan pinjaman jangka panjang  untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan yang diperoleh dari bank atau lembaga keuangan lainnya dan didukung oleh suatu perjanjian kredit (loans agreement) yang berumur atau jatuh tempo dalam waktu lebih dari 1 (satu) tahun

 

Longterm Loans  terdiri dari account-account :

3010100 – HUTANG JANGKA PANJANG

Accounts untuk menampung dan atau mencatat liabilitas perusahaan kepada pihak bank atau lembaga keuangan lainnya dan didukung oleh suatu perjanjian kredit (loans agreement) yang jatuh tempo dalam jangka waktu lebih dari satu tahun.

 

3010101 – KIMA 3 (018600001083-11/PMK/721/00004/6 8/11/11)

Accounts untuk mencatat fasilitas pinjaman jangka panjang dalam mata uang rupiah pada bank UOB Indonesia sesuai dengan perjanjian kredit (loans agreement) nomor : 1016/ETB-SLO/MDO/XI/2012 pada tanggal 14 Nopember 2014 dengan jenis kredit :  Kredit Investasi Mesin dan Alat-alat berat (KIMA-3) senilai  Rp 10.960.000.000,–  jangka waktu s/d 17 Juli 2015 dengan rate interest 10,15% p.a  untuk membiayai pembelian mesin-mesin produksi (capex)

I Gusti Made Karmawan

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031