School of Information Systems

10 Bahasa Pemograman Terpopuler (Part 1) 

Sebagai mahasiswa jurusan Sistem Informasi, tentu kita sudah tidak asing mendengar istilah programming.  Salah satu komponen penting adalah bahasa pemograman. Bahasa pemograman berfungsi menjadi perantara komunikasi antara pengguna dan sistem. Sebagai seorang developer, kita wajib menguasai bahasa pemogram agar mampu membangun sebuah aplikasi. Pada bagian ini, kita akan membahas 5 dari 10 bahasa pemograman terpopuler saat ini: 

  1. Java 

Java diciptakan oleh James Gosling. Pembuatan nama Java sendiri diinspirasi oleh kopi murni asal Pulau Jawa yang pernah diminum oleh James Gosling. Saat ini, Java menjadi salah satu bahasa pemograman yang digunakan pada lebih dari 15 miliar perangkat komputer di dunia. Selain itu, Java juga sudah digunakan oleh 90% perusahaan Fortune 500.  

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh bahasa pemograman Java adalah: 

  • Mampu dijalankan pada sistem operasi yang berbeda-beda 
  • Kemudahan penyususan program karena termasuk dalam OOP 
  • Memiliki library yang lengkap 

 

  1. Javascript 

Javascript dikembangkan oleh Netscape. Javascript termasuk bahasa pemograman yang populer karena memiliki tools minimalis yang efektif terutama dalam memeriksa hasil coding. Beberapa contoh tools yang terdapat pada Javascript adalah Hypertext Markup Language (HTML) dan Cascading Style Sheets (CSS). Javascript sangat cocok digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis mobile dan desktop interaktif. 

 

  1. C 

C diciptakan oleh Dennis Ritchie pada tahun 1970-an dan merupakan salah satu bahasa pemograman tertua di dunia. Bahasa C sendiri merupakan akar dari bahasa pemograman lainnya, seperti Java, C++, C#, dll. Tidak heran jika bahasa C menjadi dasar pembelajaran di berbagai perguruan tinggi atau kursus sebelum mempelajari bahasa pemograman lainnya. 

 

  1. C++ 

C++ dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup. Bahasa C merupakan versi pembaharuan dari bahasa pemograman C. Dalam menggunakan bahasa C++, object menjadi pusat dalam pemecahan masalah yang akan terbagi menjadi class. Hal inilah yang menjadikan bahasa C++ berbeda dengan bahasa C yang membagi masalah menjadi sub masalah kecil. 

 

  1. C# 

C# dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa C# menggabungkan kedua prinsip yang dimiliki oleh bahasa C dan bahasa C++. Menurut survei yang dilakukan oleh CodingInfinite, bahasa C# termasuk dalam bahasa pemograman populer dan paling banyak digunakan dalam framework. Bahasa C# sangat cocok digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis Windows, mobile, desktop, hingga machine learning. 

Demikian 5 dari 10 bahasa pemograman terpopuler yang dapat kamu pelajari. Untuk 5 bahasa pemograman lainnya, kamu dapat membaca artikel selengkapnya di 10 Bahasa Pemograman Terpopuler (Part 2). 

 

Referensi 

  • https://www.codepolitan.com/10-bahasa-pemrograman-populer-di-indonesia 
  • https://edukasi.kompas.com/read/2021/10/28/204228871/10-bahasa-pemrograman-terpopuler-yang-banyak-digunakan-perusahaan-besar?page=all 
  • https://www.ekrut.com/media/9-bahasa-pemrograman-yang-paling-banyak-dicari 
Laksamana Kusuma