School of Information Systems

Cara cek ketersediaan tempat tidur pasien covid-19

Suara.com – Tahukah kalian bahwa cara cek ketersediaan tempat tidur pasien covid-19 dapat diakses oleh masyarakat umum dengan mudah. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengonfirmasi informasi tentang penyediaan fasilitas rawat inap di rumah sakit. Informasi yang terkait dengan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit ini dapat diakses oleh masyarakat umum.

Berikut cara cek ketersediaan tempat tidur pasien covid-19:

Anda dapat melakukan cek informasi tentang ketersediaan tempat tidur di rumah sakit dengan mudah. Cara cek ketersediaan tempat tidur pasien covid-19 ialah melalui sistem aplikasi Sistem Informasi Rawat Inap Rumah Sakit (SIRANAP).

Aplikasi ini dapat diunduh di PlayStore atau diakses melalui situs resmi Kemenkes: http://yankes.kemkes.go.id/rumah_sakit.

Kemenkes menjanjikan informasi ketersediaan tempat tidur pasien Covid-19 akan disajikan secara real time.

Tentunya fasilitas ini bisa berjalan dengan kepatuhan Fasilitas Pelayanan Kesehatan dalam mengisinya. Bila pihak rumah sakit sendiri tidak mengupdate, tentunya informasi ini bisa jadi masih ada kekeliruan.

Bagaimanapun cara cek ketersediaan tempat tidur pasien Covid-19 yang dipermudah ini membutuhkan kerjasama dari pihak rumah sakit di di berbagai daerah.

Data online di-update secara langsung oleh rumah sakit. Bila tidak, informasi bisa mengalami crash. Di dalam situs Sinarap, yang dibuat untuk memfasilitasi cara cek ketersediaan tempat tidur pasien covid-19 terdapat sejumlah menu sebagai berikut:

  • Rumah sakit vertikal
  • Rumah sakit daerah
  • Rumah sakit lainnya
  • Entri data
  • Juknis SIRANAP
  • Contact person

Data yang tersedia di dalam situs tersebut antara lain:

  • keterangan jumlah ketersediaan tempat tidur dari ruang inap VVIP, VIP, kelas I, II, III, dan intermediate
  • tempat perawatan Covid-19 di wilayah yang dikehendaki dengan memilih provinsi pada menu yang disediakan

Demikian informasi singkat mengenai cara cek ketersediaan tempat tidur pasien Covid-19 di aplikasi SIRANAP.

Opini terkait berita: berdasarkan informasi yang diinformasikan dari berita diatas, dibuatnya aplikasi agar dikondisi tertentu dapat berguna untuk secepatnya mencari tempat untuk merawat pasien covid-19 ini sangat berguna menurut pandangan saya pribadi. Dengan UI yang simple untuk user dan memang lagi berada di kondisi yang tidak baik negara ini membutuhkan salah satu hal penting seperti ini. Selain mempermudah pencarian, aplikasi ini tentu juga dapat menjadi referensi untuk kedepannya, terutama perkembangan dalam bidang kesehatan.

Kesimpulan Berita: kesimpulan dari berita diatas, adanya aplikasi yang dapat membantu pengguna agar lebih mudah mencari tempat untuk orang terdekatnya yang terpapar covid-19 dan sudah mulai direalisaksikan di beberapa rumah sakit. Dan, diharapkan dapat membantu dengan skala yang lebih besar lagi.

 

Referensi

https://www.suara.com/news/2021/01/27/133054/cara-cek-ketersediaan-tempat-tidur-pasien-covid-19

Marcell

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031