School of Information Systems

ASET TIDAK LANCAR

ASET TIDAK LANCAR – Masuk dalam sub-kelompok ini adalah semua Aset yang tidak dapat diklasifikasikan sebagai Aset lancar. Sub-kelompok aset tidak lancar terdiri dari:

Sub-kelompok “Aset Tidak Lancar” terdiri dari beberapa kelompok akun (parent accounts) :

  1. Piutang Pihak Berelasi (Due from Shareholder’s & Related Parties)

Merupakan piutang yang timbul sebagai akibat dari transaksi dengan pihak yang mempunyai hubungan istimewa, selain untuk akun yang telah ditentukan penyajiannya pada Kas dan Setara Kas, Investasi Jangka Pendek dan Piutang Usaha.

Piutang Hubungan Istimewa disajikan sebesar jumlah yang dapat direalisasi.

Due from shareholder’s & related parties  terdiri dari account-account :

  1. Investasi Pada Perusahaan Asosiasi (Investments in Associaties)

Merupakan aktiva yang digunakan perusahaan untuk pertumbuhan kekayaan (accreation of wealth) melalui penanaman dana secara permanent pada perusahaan lain, umumnya dengan tujuan untuk mengawasi, memelihara hubungan, mengendalikan perusahaan dan memperoleh deviden. Investasi pada perusahaan asosiasi yang dimaksudkan untuk dimiliki oleh perusahaan dalam jangka waktu lebih dari 12 (dua belas) bulan.

Investasi pada perusahaan asosiasi (perusahaan memiliki 20% sampai dengan 50% bagian ekuitas perusahaan investee), harus disajikan menggunakan metode ekuitas sebesar biaya perolehan dan selanjutnya disesuaikan untuk bagian pemilikan perusahaan atas perubahan nilai buku perusahaan asosiasi.

Investasi disajikan di neraca sebagai Aktiva tidak lancar dalam kelompok Investasi dengan nama sesuai jenis investasi (saham, obligasi, dll)

Invesments in Associaties  terdiri dari account-account :

1090000 – ASSET LAINNYA

1090101 – INVESTASI SIJORECT

Accounts untuk menampung dan atau mencatat penyertaan saham pada PT. IGP INTERNASIONAL dengan tujuan untuk mengawasi, memelihara hubungan, mengendalikan perusahaan dan memperoleh deviden (prive).

1090102 – INVESTASI PROYEK MERTOYUDAN

Accounts untuk menampung dan atau mencatat pendanaan pada proyek Mertoyudan dengan tujuan untuk mengawasi, memelihara hubungan, mengendalikan  dan memperoleh imbal hasil (ROI)

 1090103 – INVESTASI LIDAH BUAYA

Accounts untuk menampung dan atau mencatat penyertaan saham pada PT. Lidah Buaya dengan tujuan untuk mengawasi, memelihara hubungan, mengendalikan perusahaan dan memperoleh deviden.

  1. Investasi Jangka Panjang Lainnya (Investments in Associaties)

Merupakan investasi yang dimaksudkan untuk dimiliki oleh perusahaan dalam jangka waktu lebih dari 12 (dua belas) bulan. Investasi ini dapat berbentuk investasi dalam efek hutang dan efek ekuitas, investasi dalam properti dan investasi lainnya.

1090107 – INVESTASI RUKO ARMADA

Accounts untuk menampung dan atau mencatat pendanaan pada proyek Ruko Armada dengan tujuan untuk mengawasi, memelihara hubungan, mengendalikan  dan memperoleh imbal hasil (ROI).

Fixed Assets  terdiri dari account-account :

1080000 – FIXED ASSET

1080010 – TANAH

Accounts untuk menampung dan atau mencatat hak milik atau hak atas tanah, yang meliputi biaya perolehan termasuk biaya pemindahtanganan, serta semua biaya lain untuk pengurusan hak tersebut seperti biaya notaris, sertifikat, komisi dan lain sebagainya

1080020 – BANGUNAN

Accounts untuk menampung dan atau mencatat bangunan permanent perusahaan yang digunakan untuk kegiatan usaha seperti bangunan pabrik, bangunan kantor, ruko, gudang dan lain sebagainya.

I Gusti Made Karmawan