School of Information Systems

Skill Yang Harus Dimiliki Seorang UX Writer

Apakah kamu pernah mendengar tentang UX Writer? UX Writer merupakan profesi dalam dunia User Experience dimana tugas dari seorang UX Writer ialah membuat tulisan atau merangkai kata-kata yang dapat mempermudah pengguna dalam menggunakan aplikasi ataupun website dengan tujuan terciptanya pengalaman pengguna. UX Writer membuat salinan pada produk digital, hal ini termasuk teks yang ada pada tombol, menu, pesan error, dan lainnya atau biasanya disebut sebagai potongan kecil teks microcopy. UX Writer harus memastikan pengguna dapat memahami setiap intruksi, apa yang harus dilakukan ketika menggunakan produk digital.  

 

Kamu tertarik untuk menjadi UX Writer? Berikut ini adalah skill yang wajib dimiliki seorang UX Writer :  

  1. Kemampuan Dalam Menulis 

UX Writer akan selalu berhadapan dengan kata-kata, oleh karena itu sebagai UX Writer harus memiliki kemampuan dalam menulis. Memiliki keterampilan dalam memilah mana bahasa yang baik dan tidak untuk digunakan atau bahasa apa yang mudah dipahami atau tidak oleh pengguna. Tulisan atau kata-kata merupakan bagian dari desain ketika menjadi seorang UX Writer.  

 

  1. Kemampuan Strategi Konten  

Tulisan atau kata-kata yang dibangun sebaik mungkin, jika tanpa adanya tujuan, akan menjadi sia-sia. Sebagai UX Writer, perlu mengetahui tujuan atau apa yang ingin dicapai ketika menulis atau membangun kata-kata. Hal ini dapat memberikan pengaruh terhadap tindakan atau aktivitas apa yang akan dilakukan oleh pengguna. Tujuan yang perlu diketahui ialah tidak hanya dari sisi perusahaan seperti gaya perusahaan, dokumen dan lain-lain, namun dapat dari segi produk.  

 

  1. User Experience 

Dalam hal ini membahas dari segi riset. Tanpa adanya kemampuan dalam melakukan riset, UX Writer akan kesulitas mengetahui apakah copy dari tulisan berjalan atau berfungsi dengan baik atau tidak. Tidak adanya riset akan menyebabkan sulitnya mengetahui apakah terdapat masalah atau tidak.  

 

Dalam melakukan riset, UX Writer dapat menggunakan beberapa metode seperti :  

  • Survei kepada pengguna 
  • Melakukan wawancara 
  • Membuat persona 
  • A/B Testing 

 

  1. Menguasai Beberapa Tools 

Sebagai UX Writer, tentunya melakukan kolaborasi dengan UI UX Designer. Dengan megetahui atau memiliki wawasan terkait prototyping Tools, akan memudahkan seorang UX Writer dalam bekerja sama dengan designer. Tools lain yang dapat dikuasai yang berkaitan dengan tulisan ialah KBBI Daring, Readable dan lain-lain, serta Tools untuk melakukan kolaborasi seperti MIRO, Slack dan lain-lain.  

 

Sumber :  

 

 

 

Risky Tri Sandi