School of Information Systems

Minimum Requirement PC for UX Designer

Biasanya jika kita berbicara tentang UX Designer maka akan masuk ke dalam hal-hal yang tidak berwujud yang dibutuhkan untuk memasuki lapangan seperti keterampilan memecahkan masalah, empati, grit, dll. Tapi kita jarang sekali menyebutkan yang berwujud. Kali ini saya ingin memberikan gambaran singkat mengenai hardware yang dibutuhkan untuk memasuki bidang UX Design. 

 

Processor 

Untuk processor sendiri saya merekomendasikan setidakanya quad-core processor seperti i5 atau diatasnya. Memang apa bedanya dengan processor yang lain? Secara umum, makin banyak core maka orang akan lebih mudah melakukan multitasking dan juga tentu saja dari segi performa nya.  

 

RAM 

Kebanyakan komputer biasanya menggunakan 8gb RAM yang standar. Ini akan baik digunakan untuk pengolahan kata, menonton Netflix, menulis email, dll. Namun, untuk kinerja terbaik, disarankan minimal 16gb. Jarang sekali seseorang menggunakan satu aplikasi dalam satu waktu akhir-akhir ini, contohnya ada orang yang memiliki 2 browser dengan 20+ tab terbuka, Spotify bermain, dan 2 atau 3 aplikasi Adobe terbuka. Memiliki RAM yang cukup memastikan seluruh operasi ini akan berjalan dengan lancar. 

 

Storage 

Memiliki storage dengan 128gb atau kurang sama sekali tidak akan cukup. Anda akan kehabisan storage dalam beberapa bulan. 256gb lebih realistis dan 512gb lebih baik. Untuk storage dengan penyimpanan 1TB berada di sisi yang aman untuk pemeriksaan di masa mendatang. 

 

Graphics 

Untuk sebagian besar jenis pekerjaan desain, Anda harus memiliki laptop dengan dedicated GPU. Terutama desainer grafis, visual, dan web akan membutuhkan jenis GPU ini karena alat mereka lebih membebani GPU. 

 

Referensi: 

thedesignerstoolbox.com/blog/best-laptop-for-design/ 

https://uxmag.com/articles/the-equipment-youll-need-to-be-a-ux-designer 

Muhammad Thaha Rizieq Hentihu