School of Information Systems

Manfaat Menjadi Seseorang Yang Open Minded

Open Minded merupakan sikap yang terbuka dan menerima berbagai macam ide, argumen, hingga berbagai informasi. Dalam menciptakan sebuah solusi atau permasalahan, diperlukan pemikiran yang kristis dan rasional, untuk membentuk hal tersebut, sikap open minded dibutuhkan. Ciri-ciri orang yang memiliki sikap open minded adalah sebagai berikut, ingin mengetahui apa yang orang lain pikirkan (hal ini berbicara tentang pendapat), bersedia jika ide mereka diajukan banyak pertanyaan (ditantang), tidak mudah marah atau gampang menyalahkan diri sendiri jika berbuat kesalahan terhadap diri sendiri, Orang yang memiliki empati tinggi terhadap orang lain, memikirkan apa yang orang lain pikirkan, memiliki sikap rendah hati walaupun sudah memiliki banyak pengalaman serta pengetahuan, pendengar yang baik, serta selalu memberikan orang lain kesempatan untuk menyampaikan pikiran atau keyakinan mereka.  

Menjadi seseorang yang open minded bukan berarti harus selalu menerima atau setuju dengan pendapat orang lain, namun dengan sikap open minded, kita menjadi pribadi yang selalu menghargai dan selalu mendengarkan pendapat orang lain. Berikut ini adalah manfaat ketika kita menjadi seseorang yang open minded 

 

  1. Menambah wawasan dan pengalaman  

Terbuka dengan berbagai ide-ide baru dapat menambah wawasan dan pengalaman baru, bagaimana kita belajar dari orang lain dalam mencari dan menemukan ide yang baru sehingga dapat menambah inspirasi.  

 

  1. Meningkatkan kualitas diri 

Dengan sikap terbuka terhadap saran atau kritikan terhadap segala sesuatu dapat membawa kita untuk terus betumbuh dalam mempelajari hal-hal baru. Saran dan kritikan yang kita terima dapat menambah semangat dan memperkuat mental kita.  

 

  1. Menjadi lebih optimis 

Seseorang yang memiliki pikiran close minded akan selalu mengarahkan perasaaan mereka ke hal yang negatif, menjadi seseorang yang open minded dapat membantu untuk lebih memiliki sikap yang menginspirasi sehingga tercipta optimisme karena selalu mengarahkan kepada pikiran yang positif.  

 

 

Sumber :  

  • https://www.verywellmind.com/be-more-open-minded-4690673 
Risky Tri Sandi