School of Information Systems

Instagram Ads dan Keunggulannya

Instagram adalah sebuah aplikasi mobile yang digunakan untuk berbagi foto dan video berbasis iOS, Android, dan Windows Phone. Mulanya, Instagram dikembangkan oleh startup bernama Burbn, Inc yang dijalankan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger. Keduanya, sukses membuat Facebook tertarik untuk mengakuisisi Instagram dengan membayarkan seharga $1 miliar pada tanggal 9 April 2012. Pada tahun 2013, Instagram memunculkan fitur baru berupa platform untuk pengiklanan yang disebut Instagram Ads. Fitur ini dapat membantu para pebisnis untuk mengiklankan bisnis dan produk dengan jangkauan yang luas. Fitur ini disambut baik, terbukti dengan jumlah pengiklan di Instagram sudah mencapai angka 1 juta pengiklan pada tahun 2017. Dengan Instagram Ads, para pengiklan dapat bebas mengelola iklan yang ingin mereka pasang sesuai dengan kebutuhan. Format iklan yang disediakan oleh Instagram Ads adalah berbentuk foto maupun video, para pengiklan juga dapat mengatur dan mengelola kampanye iklan secara fleksibel.

Keunggulan dari Instagram Ads adalah :

  1. Meningkatkan brand awareness

Untuk pemilik bisnis, khususnya pemilik bisnis baru, ada baiknya untuk memanfaatkan Instagram Ads sebagai sarana untuk meningkatkan brand awareness. Ketika membuat Instagram Ads, pengiklan akan ditanyakan terlebih dahulu mengenai tujuan pembuatan iklan. Salah satu tujuan yang tersedia pada kampanye iklan di Instagram adalah untuk meningkatkan brand awareness. Nantinya Instagram dapat mengatur target pengguna untuk memunculkan iklan tersebut.

  1. Target iklan yang spesifik

Fitur penargetan yang tersedia di Instagram Ads bersifat mendetil, sehingga target pasar yang dituju oleh iklan bersifat lebih spesifik. Penargetan yang dilakukan oleh Instagram dilakukan berdasarkan demografi usia, jenis kelamin, minat, jenjang pendidikan, pekerjaan, kebiasaan dan lain – lain. Dengan begitu, kemungkinan untuk iklan muncul di beranda calon customer yang tepat, akan lebih besar. Semakin spesifik target pasar yang ditentukan, maka hasilnya akan lebih baik karena pengguna yang melihat iklan tersebut adalah pengguna yang memiliki ketertarikan terhadap produk atau layanan yang diiklankan.

  1. Meningkatkan traffic website

Salah satu cara untuk mempromosikan bisnis adalah dengan memiliki website. Dengan bantuan Instagram Ads, pengiklan dapat meningkatkan traffic pengunjung dari audiens Instagram. Ketika membuat iklan di Instagram, pengiklan akan diminta untuk memasukkan URL website untuk mengarahkan calon pelanggan ke website. Fitur lainnya yang tersedia pada Instagram Ads adalah button call to action yang biasanya bertuliskan “Beli Sekarang” yang apabila di klik akan mengarah ke website bisnis yang telah diinput oleh pengiklan.

 

Referensi

https://digitaladvertising.id/note/apa-itu-instagram-ads/

https://dailysocial.id/post/apa-itu-instagram

Felicia Evan