School of Information Systems

DATA ANALYTICS PADA ORACLE 

Sebuah bisnis yang didirikan oleh suatu perusahaan diharapkan dapat berkembang sesuai zaman dan kebutuhan masyarakat. Untuk mendukung kecerdasan dari suatu bisnis yang komprehensif, penggunaan data analitik tambahan dapat membantu suatu perusahaan tumbuh melalui wawasan yang luas. Analitik Oracle menggunakan embedded machine learning dan kecerdasan buatan untuk menganalisis data yang ada pada suatu perusahaan sehingga perusahaan tersebut dapat membuat prediksi yang lebih presisi dan keputusan yang lebih baik. Oracle Analytics Cloud membantu sebuah perusahaan untuk mendapatkan insight yang lebih luas dan cepat dengan embedded machine. Kemampuan analitik tambahan memungkinkan untuk mempermudah dalam penggabungan data perusahaan dengan pihak partner sehingga memberikan efisiensi pada pekerjaan yang memakan waktu seperti persiapan data, visualisasi, perkiraan, dan pelaporan. Berikut merupakan alasan penunjang bagi suatu perusahaan untuk dapat menggunakan Data Analitik Oracle:  

  • Diakui Oleh Analis Industri Besar 

Analitik Oracle telah mendapatkan pengakuan dari perusahaan analis terkemuka dalam hal inovasi analitik augmented serta kueri. Oracle telah dijuluki sebagai Visioner dalam Magic Quadrant for Analytics and Business Intellegence Platforms 2021 Gartner.   

  • Mempermudah Pengambilan Keputusan  

Pelayanan analitik mandiri secara tidak langsung telah membantu karyawan dalam mempermudah pekerjaannya. Sebab dengan karyawan dapat mengakses data perusahaan secara bebas maka karyawan tersebut dapat menemukan wawasan dan berkolaborasi dengan kolega lain dari mana saja dengan bantuan minimal dari IT.  

  • Analitik Augmented  

Dengan beroperasinya embedded machine learning setiap saat atau dapat dikatakan tanpa henti memudahkan pelaku perusahaan dalam pembuatan analisis dari suatu data perusahaan lebih tepat dan akurat.  

  • Fleksibilitas  

Pekerjaan dalam suatu perusahaan menjadi lebih cepat dan fleksibel dengan bantuan solusi komprehensif yang menawarkan visualisasi data, pelaporan perusahaan, pemodelan scenario, dan analitik seluler di cloud atau melalui model hybrid.  

  • Meningkatkan Pemasaran  

Analisis data internal perusahaan dan pihak lain yang bersangkutan terhadap kemajuan perusahaan didukung dengan tekonologi kecerdasan buatan serta embedded machine learning menjadikan marketer mudah untuk membuat keputusan strategis dan meningkatkan penjualan. Analitik yang lebih dalam oleh seorang marketer menggunakan data Oracle dapat mengoptimalkan peluang sepanjang siklus penjualan sehingga perusahaan dapat mengamati perilaku, kebutuhan, dan minat masyarakat atau pelanggan.  

  • Memperkuat rantai pasok 

Data analitik Oracle dapat menyatukan data yang berbeda dari seluruh rantai pasok. Data tersebut meliputi pengadaan material/bahan baku hingga manufaktur, manajemen pesanan hingga pemenuhan. Data analitik Oracle memberi para ahli dasaram dalam memandang rantai pasok secara terpadu sehingga perusahaan dapat mengoptimalkan dan berinovasi.  

 

Sumber :  

Zakir, J. et all. 2015. Big Data Analytics.Issues in Information Systems.16(2(:81-90 

Oracle Analytics : https://www.oracle.com/business-analytics/ Diakses 29 Maret 2021  

 

Richard

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031