School of Information Systems

Social Experience dari Tokopedia

Contoh yang dapat kita lihat Social Experiencenya adalah Tokopedia. Tokopedia yang setiap customer membeli barang melalui tokopedia biasa diberikan sebuah “Egg-Prize” atau telur emas berhadiahkan poin dan Loyalty. Poin ini dapat ditukarkan menjadi voucher atau promo-promo lain dengan nominal poin masing-masing. Kalau, Loyalty ini dapat dikumpul tidak dapat ditukar sehingga Loyalty poin ini fungsinya adalah sebagai penjumlahan poin yang terkumpul memiliki ranking system customer Loyalty. Jika mencapai target terntentu customer mendapatkan service atau kelebihan sesuai dengan ranking mereka masing-masing. Contoh ranking systemnya: Classic, Silver, Gold, Platinum Member.  

Dengan menggunakan metode seperti ini, maka Tokopedia menanamkan persepsi kepada customer bahwa Tokopedia ini unik dan memberikan banyak promo serta game poin yang menguntungkan bagi customer. Tokopedia juga memberikan iklan promosi seperti di google ads dan juga iklan di bioskop dengan story / cerita yang menarik perhatian audience. Bisa disebut strategi branding Tokopedia karena dengan adanya suatu story ini yang disampaikan kepada masyarakat membuat mereka menjadi potential customer dan juga consumer untuk dapat menggunakan aplikasi Tokopedia untuk berbelanja dan juga advertising. 

Kegiatan berbelanja secara online sudah bukan merupakan kegiatan yang asing dan baru untuk dilakukan. Dengan dukungan jaringan internet, anda dapat membeli berbagai produk secara online mulai dari produk fashion, produk kuliner, perlengkapan rumah tangga, peralatan elektronik hingga jasa. Prinsip inilah yang menjadi utama dalam menjalankan transaksi jual beli online secara Ecommerce sebetulnya sangat sederhana dan bermodalkan Trust (kepercayaan). Tanpa harus bertatap muka, anda akan terhubung dengan pihak penjual. Setelah anda melakukan konfirmasi pembayaran maka pihak penjual akan segera mengirimkan produk atau jasa ke tempat tujuan anda.  

  • Setiap bertransaksi pada platform Tokopedia, setiap pelanggan akan mendapatkan TokoPoints yang dapat ditukarkan dengan berbagai tawaran menarik. 
  • Beberapa penawaran yang tersedia meliputi gratis ongkos kirim, cashback, atau kupon. Nominal dari tiap penawaran tersebut akan disesuaikan dengan tingkatan keanggotaan milik tiap pelanggan. 
  • Semakin sering pelanggan bertransaksi di Tokopedia, semakin tinggi pula tingkat keanggotaan dan nominal penawaran yang dapat diakses. 

Pada 30 Januari 2018, marketplace asal tanah air Tokopedia telah meluncurkan sebuah program loyalty yang bernama TokoPoints. Dengan program tersebut, kamu bisa mendapat sejumlah poin setiap kali melakukan transaksi di Tokopedia. Poin tersebut bisa kamu tukarkan dengan berbagai kupon, layanan gratis ongkos kirim, hingga cashback. 

Nilai dari kupon dan cashback yang kamu terima akan disesuaikan dengan tingkatan status membership loyalty milikmu. Contohnya pengguna dengan tingkatan Silver hanya bisa mendapatkan maksimal gratis ongkos kirim sebesar Rp20.000, sedangkan pengguna dengan tingkatan Gold bisa mendapat fasilitas gratis ongkos kirim maksimal Rp25.000. 

Tokopedia bukanlah startup pertama yang menghadirkan program loyalty seperti ini. Sebelumnya telah ada GO-JEK yang mempunyai fitur GO-POINTS, Grab dengan GrabRewards, serta Traveloka dengan fitur Traveloka Poin. 

Bahkan menurut Indra Yonathan, Country Head dari Shopback Indonesia, penggunaan fitur loyalty seperti ini akan semakin marak di tahun 2018. Menurutnya, para startup di tanah air mulai sadar bahwa dibanding terus menggaet pengguna baru, akan lebih baik kalau mereka juga fokus mempertahankan para pengguna lama. Program loyalty merupakan salah satu cara untuk mengikat para pengguna tersebut. 

“Program loyalty seperti ini bahkan bisa menjadi lebih efisien bagi para startup. Mereka bisa membuka program ini untuk perusahaan atau startup lain, sehingga hadiah dari poin yang dikumpulkan para pengguna bisa berbentuk layanan dari perusahaan atau startup lain tersebut,” ujar Indra. 

Sumber : 

Denise Citta Gunawan

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031