School of Information Systems

Social Experience dan contoh Social Experience dari Instagram dan Shopee

Mengutip salah satu jawaban dari brainly.co.id, Social experiences merupakan pengalaman sosial kita, dimana kita berinteraksi dengan orang lain, baik secara individu maupun suatu kelompok. Pengaruh social experiences dalam kehidupan berkelompok tentu berat kaitannya dengan bagaimana kita bersikap atau bertingkah laku ketika kita berinteraksi sosial dengan mereka. Berdasarkan pengalaman-pengalaman yang sebelumnya, kita bisa mengambil langkah yang baik ketika berinteraksi sosial dengan kelompok, sehingga kita bisa diterima dengan baik dalam kehidupan kelompok tersebut. 

[sumber: https://brainly.co.id/tugas/6995984] 

Melalui salah satu artikel yuswohady.com yg berjudul Social Experience, Social Experience yang disebut juga Kenyamanan Sosial, merupakan Kenikmatan yang kita peroleh itu kita dapatkan jika kita diperhatikan orang lain, seperti contoh adalah pada saat kita disorot ribuan atau jutaan pasang mata teman-teman kita. Atau kenikmatan yang kita peroleh jika kita bisa saling berbagi dan berempati dengan orang lain. Atau juga kenikmatan yang kita peroleh jika kita berelasi dan berinteraksi dengan orang-orang di luar kita. Sebuah relasi yang menghasilkan kesenangan, kebersamaan, kebanggaan, rasa percaya diri, kebermaknaan diri, kepedulian, perasaan GR, aktualisasi diri, eksistensi diri, atau cinta (termasuk cinta diri sendiri alias narsis).  

Salah satu social media yang terdapat Social Experience adalah Instagram. Apa itu instagram? Mengutip informasi dari wikipedia.com, Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. [sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Instagram].  

Kenikmatan terbesar ber-Instagram adalah ketika foto-foto account instagram kita, dilihat oleh teman-teman kita; kita perhatikan followers, comments dan likes foto kita, banyak di-‘follow’, di-‘likes’, dikomentari, atau masuk dalam kategori ‘Popular’ karena disukai banyak teman kita. Kita mendapatkan pengalaman luar biasa di Instagram karena kita merasa karya kita dihargai teman-teman. Melalui foto-foto yang kita taruh di Instagram dan dilihat ribuan teman, kita aktualisasi diri yang tak ternilai harganya. 

[sumber: https://www.yuswohady.com/2012/05/05/social-experience/] 

Contoh lain adalah Shopee. Mengutip dari wikipedia.com, Shopee adalah perusahaan e-commerce yang berada di bawah naungan Garena (berubah nama menjadi SEA Group) , perusahaan internet di Asia Tenggara. Menjalankan bisnis C2C mobile marketplace, Shopee resmi diperkenalkan di Singapura pada tahun 2015 yang diikuti dengan negara Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Shopee Indonesia resmi diperkenalkan di Indonesia pada 12 Desember 2015 di bawah naungan PT Shopee International Indonesia. Sejak peluncurannya, Shopee Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat, bahkan hingga Oktober 2017 aplikasinya sudah didownload oleh lebih dari 43 juta pengguna. 

[sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Shopee_Indonesia 

Para pengguna shopee tentu merasakan social experience dari Shopee. Seperti contoh, kita sebagai pengguna menggunakan voucher gratis ongkir dengan minimal belanja sesuai yang ditentukan oleh seller (contohnya adalah, seller menentukan minimal belanja Rp 50.000,00 dan jika customer belanja di toko seller tsb dengan total harga Rp 100.000, customer dapat menggunakan voucher gratis ongkir ). Bukan itu saja, mengutip dari salah satu artikel di tribunnews.com, dalam hal menyambut Harbolnas, Shopee mengadakan 12.12 Birthday Sale, yaitu dengan memberikan berbagai promo menarik setiap harinya. Salah satu diantaranya adalah 12.12 Goyang Shopee dan kita bisa meraih kesempatan memperoleh uang dengan jumlah besar, dengan total Rp 12 miliar. Hal ini tentu meningkatkan social experience.  

(sumber : http://makassar.tribunnews.com/2018/12/11/harbolnas-1212-shopee-bagi-bagi-hadiah-rp-12-miliar-begini-cara-dapatkannya) 

Denise Citta Gunawan