School of Information Systems

Cara menjaga keamanan sistem informasi

System informasi dapat kita katakan adalah sebuah kombinasi dari komponen-komponen yang terdiri dari teknologi, media, prosedur, serta sumber daya manusia. Semua komponen yang ada akan bekerja sama dengan saling berinteraksi satu sama lain untuk membentuk sebuah kesatuan yang dapat kita katakan sebuah sistem. Kombinasi atau penggabungan antara teknologi dengan manusia Bersama-sama bekerja untuk mendukung menjadi pertimbangan dalam  pengambilan kebijakan atau keputusan.

Dengan penjelasan sederhana di atas dapat kita simpulkan bahwa system informasi adalah suatu hal yang penting maka pasti akan banyak resiko yang dapat muncul mulai dari pencurian, penipuan dll. Maka dari itu system informasi harus selalu dijaga keamanannya. Untuk menjaga keamanan system informasi adalah bagaimana kita dapat mencegah kecurangan, penipuan atau masalah lain yang muncul sehingga tidak menimbulkan kerugian untuk kita maupun di dalam perusahaan.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk dapat menjaga keamanan system informasi:

  • Menggunakan kombinasi untuk password yang unik

Dengan menggunakan kombinasi password yang unik akan membuat hacker kesulitan untuk menebak password yang kita gunakan. sebaliknya, apabila kita menggunakan password yang biasa hacker kemungkinan dapat menebak dan membobol data kita.

  • Mengamankan jaringan

Mengamankan jaringan harus menjadi hal yang selalu kita perhatikan dengan serius karena kejahatan cyber setiap tahun semakin tinggi pastinya. Agar hacker tidak pernah dapat mendapatkan akses ke dalam jaringan maka kita perlu untuk mengunci atau mengamankan router dan mengenkripsi seluruh informasi yang ada dengan menggunakan password dan menyembunyikan seluruh system nya.selalu Mengawasi phising

  • memasang anti virus

untuk menjaga informasi yang ada dari serangan virus yang biasanya dapat terjadi maka Langkah pertama yang dapat kita lakukan adalah dengan memasang antivirus di laptop atau di pc yang ada dan selalu ingat untuk mengupdate software yang ada.

  • menggunakan layanan cloud

car aini juga dapat dilakukan untuk manjaga keamanan system informasi karena data yang ada akan di simpan di cloud dan kemanan nya menjadi lebih baik. Karena cloud memiliki serangkaian kebijakan, teknologi, dan kontrol yang diterapkan untuk melindungi data.

Referensi:

https://www.cekotechnology.com/pengertian-sistem-informasi-dan-contohnya/

https://www.isomanajemen.com/keamanan-sistem-informasi/

https://koinworks.com/blog/3-cara-mengamankan-sistem-informasi-perusahaan/

Muhammad Wildan