School of Information Systems

Tips Membuat Profil LinkedIn Lebih Menonjol

LinkedIn merupakan salah satu jejaring sosial yang berfokus pada jaringan profesional dan pengembangan karir. Hadirnya LinkedIn sangatlah bermanfaat bagi banyak peran seperti pencari kerja, pencari pekerja (Headhunter), maupun pekerja sekalipun. LinkedIn dapat dimanfaatkan untuk membagikan pengumuman rekrutmen, bersosialiasi dengan pekerja profesional lain, mencari lowongan kerja, atau sekadar mempromosikan diri dan membagikan portfolio.

Bagi mahasiswa yang tentunya bercita-cita untuk bekerja secara profesional, mempunyai akun LinkedIn adalah salah satu cara untuk mencapai cita-cita tersebut. Banyak pencari pekerja yang sering mengamati profil LinkedIn orang untuk mencari pekerja yang cocok dengan kebutuhan perusahaan. Namun, dengan banyaknya persaingan pencari kerja saat ini, mempunyai akun LinkedIn saja tidak cukup. Akun LinkedIn yang menonjol akan sangat membantu kamu untuk dapat lebih mudah ditemukan oleh para pencari pekerja. Berikut adalah beberapa cara untuk membuat akun LinkedIn kamu lebih menonjol:

  1. Tambahkan Foto Wajah

Seperti layaknya jejaring sosial lainnya, LinkedIn juga menyediakan foto profil untuk penggunanya. Mempunyai foto wajah yang diambil secara profesional dan terlihat dengan jelas akan menambah kesan kredibilitasmu. Ingat, foto adalah kesan pertama yang akan diingat oleh orang lain!

  1. Buatlah Headline yang Menarik

Headline tepat berada di bawah nama pada halaman profile dan pasti merupakan hal pertama yang dilihat oleh pengunjung halaman profile. LinkedIn menyediakan 120 karakter untuk pengguna membuat sebuah Headline. Tulislah headline berdasarkan apa yang kamu mau para audiens tahu tentang kamu. Alih-alih menulis jabatan, apabila kamu ingin lebih dikenal sebagai misalkan UX Specialist, maka tulislah UX Specialist pada Headline-mu.

  1. Buat Ringkasan yang Menarik

Selain Headline, LinkedIn menyediakan juga tempat untuk kamu menaruh ringkasan tentang karirmu. Buatlah ringkasan ini tidak monoton hanya menceritakan secara deskriptif, melainkan seperti menceritakan dirimu secara menarik. LinkedIn memberikan Batasan sampai dengan 2000 karakter, namun lebih baik kamu buat ringkasan yang mudah dibaca dan singkat, sehingga jangan pakai keseluruhan 2000 karakter apabila tidak memungkinkan.

  1. Tunjukkan Pengalaman Anda

LinkedIn menyediakan tempat untuk Anda memasukkan pengalaman bekerja yang sudah pernah Anda lalui. Buatlah orang mengetahui dengan jelas perjalanan karirmu mulai dari perusahaan apa kamu bekerja, pekerjaan apa yang kamu kerjakan, dan berapa lama kamu bekerja disitu. Dengan menunjukkan pengalaman bekerja yang jelas dan kredibel, maka kredibilitasmu sebagai seorang professional juga akan meningkat.

  1. Gunakan Media Visual

Sama seperti Facebook dan Twitter, pada LinkedIn kamu juga bisa menambahkan foto sampul pada halaman profilmu. Gunakan fitur ini untuk menambah media visual yang melambangkan dirimu. LinkedIn juga mempunyai fitur yang dapat kamu gunakan untuk menghubungkan ke media lain seperti Youtube.

  1. Modifikasi URL

Setiap halaman pada internet pasti mempunyai URL-nya sendiri, begitu juga dengan halaman profil LinkedIn-mu. Seperti layaknya URL pada web lain yang tidak disesuaikan, URL halaman profil LinkedIn-mu akan mengandung nomor-nomor dan huruf-huruf acak. Tidak ada salahnya memodifikasi URL untuk halaman profil LinkedIn-mu sendiri. Selain akan lebih rapi ketika kamu bagikan kepada orang lain, orang lain juga akan lebih mudah mengingatmu.

  1. Berkoneksi dengan Banyak Orang

Di dalam dunia professional, semakin banyak koneksi yang kamu miliki, akan semakin baik. Berkoneksilah dengan sebanyak-banyaknya orang. Selain memperbanyak jaringamu, algoritma LinkedIn juga akan membuat profilmu lebih sering muncul apabila koneksi semakin luas.

  1. Mintalah Rekomendasi

Di dalam LinkedIn juga tersedia fitur untuk pengguna merekomendasikan orang lain. Maka dari itu, profilmu juga bisa direkomendasikan oleh salah satu koneksimu dalam LinkedIn. Mintalah orang lain yang pernah bekerja sama denganmu sebelumnya untuk merekomendasikan halaman profilmu.

  1. Aktif!

Jadilah aktif dalam LinkedIn! LinkedIn bukan hanya sebagai CV online milik seseorang, tapi LinkedIn adalah media sosial tempat orang-orang berbagi terkait lingkungan pekerjaan. Perhatikan timeline-mu, aktiflah dalam membagikan sesuatu. Semakin aktif kamu, maka profilmu juga akan lebih sering dilihat orang.

  1. Perhatikan “Profile Strength

Profile strength adalah metrik yang disediakan LinkedIn untuk memberi tahu pengguna kelengkapan profil pengguna. Semakin tinggi profile strength dari seorang pengguna, maka akan mendapatkan status yang berbeda. Status yang semakin baik akan lagi-lagi membuat profilmu semakin sering terlihat oleh pengguna lain. Untuk melengkapi profile strength, LinkedIn mempunyai beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Demikian adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk membuat profil LinkedIn-mu lebih menonjol. Dengan lebih dari 600 juta pengguna di seluruh dunia, menjadikan LinkedIn sebagai jaringan professional terbesar di dunia. Apabila kamu serius menekuni karir professional, maka mempunyai profil LinkedIn yang oke adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi.

Wiza Teguh

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031