School of Information Systems

MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM

Management information system dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang menyediakan informasi untuk pengguna dengan kebutuhan yang sama. Tujuan utama Sistem Informasi Manajemen adalah untuk memberikan informasi yang dibutuhkan manajer untuk mengambil keputusan dEMan menyelesaikan masalah. Sistem Informasi Manajemen didukung oleh database perusahaan, yang mencakup data yang dihasilkan oleh pemrosesan transaksi. Setiap organisasi harus mengambil keputusan tentang masalah yang muncul, untuk menyelesaikan masalah tersebut, memerlukan informasi untuk solusi dari permasalahan tersebut, hal itu dapat dengan mudah ditangani oleh management information system, karena dapat menyediakan semua informasi yang diperlukan untuk mengambil keputusan didalam organisasi

  • Data adalah fakta mentah atau rincian peristiwa yang belum diolah, terkadang tidak dapat diterima oleh akal pikiran dari penerima data tersebut. Lalu data harus diolah terlebih dahulu menjadi informasi untuk dapat di terima oleh penerima. Data dapat berupa angka, karakter, simbol, gambar, suara, atau tanda-tanda yang dapat digunakan untuk dijadikan informasi.
  • Informasi adalah seperangkat data yang ditransformasikan sedemikian rupa sehingga membantu mengurangi ketidakpastian di masa depan dan, oleh karena itu, berkontribusi pada proses pengambilan keputusan. Informasi adalah data yang diubah dengan cara yang masuk akal bagi orang yang menerimanya; dengan kata lain, itu memiliki nilai nyata atau dirasakan bagi orang itu ketika dia bertindak atau mengambil keputusan. Informasi, lebih lanjut, adalah data yang telah ditafsirkan dan dipahami oleh penerima pesan.
  • Management merupakan proses perencanaan, organizing, kepemimpinan, dan pengawasan dalam rangka untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Manajemen juga sebuah rangkaian tindakan yang dilakukan oleh anggota organisasi untuk  mencapai sasaran organisasi. Tujuan manajemen adalah memimpin (Leading), merencanakan (Planning) menyusun,mengawasi.

Sistem informasi management di mata user

  1. Petugas Administrasi (User)
  • Mengerjakan transaksi, pengolahan data input dan menjawab pertanyaan.
  • Menghasilkan input-output kontrol data.
  • Mengolah data dan menjawab pertanyaan
  1. Manajemen Tingkat Bawah (Low Management)
  • Mendapatkan data operasi, membantu perencanaan, penjadualan, mengetahui sistem yang tidak terkendali dan pengambilan keputusan.
  • Data digunakan untuk kontrol operasi  dan laporan yang detail.
  1. Staff Ahli (Middle Management)

 Informasi untuk analisis digunakan untuk memanipulasi,dan perencanaan dalam model keputusan dan laporan.

  1. Manajer (Top Management)

 Laporan tetap, pencarian pendapatan khusus, analisis khusus, laporan khusus

 Membantu untuk mengidentifikasikan persoalan dalam analisis pengambilan keputusan.

  1. Pokok-Pokok Sistem Informasi Manajemen

Sebuah sistem informasi manajemen mengandung elemen-elemen fisik sebagai berikut:

1.Perangkat keras komputer

  1. Perangkat lunak:
    • Perangkat lunak sistem umum
    • Perangkat lunak terapan umum
    • Program aplikasi

3.Database (data yang tersimpan dalam media penyimpanan komputer)

4.Prosedur

5.Petugas Pengoperasian

Dalam hal penerapan, sebuah subsistem terapan yang lengkap terdiri dari:

  • Program untuk melaksanakan pengolahan komputer.
  • Prosedur untuk membuat terapan menjadi operasional (formulir, petunjuk untuk operator, petunjuk untuk pemakai, dan seterusnya).

Subsistem terapan dapat diuraikan dalam bentuk fungsi keorganisasian yang mendukung(pemasaran, produksi, dan sebagainya) atau dalam bentuk jenis kegiatan yang sedang dilaksanakan.

Evaristus Didik M