School of Information Systems

PENGARUH LINGKUNGAN EXTERNAL 

Hampir semua organisasi mengalami dan melakukan perubahan perubahan akibat pengaruh dari luar perusahaan atau lingkungan perusahaan. Diantara faktor-faktor external yang dapat berpengaruh positif adalah globalisasi dan technologi, Keduanya telah terbukti dapat meningkatkan peluang dan pasar.  

Globalisasi. Globalisasi telah memberikan akses bisnis ke peluang komersial di seluruh dunia dan membawa pesaing internasional ke pasar dalam negeri. Ini merupakan kesempatan dan juga ancaman. Bisnis sekarang beroperasi di pasar internasional, di mana pelanggan dapat memeriksa harga, produk, dan layanan dari penyedia mani sebelum memilih pemasok mereka, Pemasok dapat ditempatkan di sisi lain dunia, memenuhi kebutuhan pelanggannya melalui penggunaan telekomunikasi yang efektif, bisnis kemitraan, logistik, dan / atau perjalanan reguler. Ditambah dengan meningkatnya deregulasi pasar, meningkatnya persaingan berarti pelanggan dihadapkan pada produk dan layanan yang lebih beragam dan bisnis tidak dapat lagi bergantung pada loyalitas pelanggan. Pertimbangkan, misalnya, industri telekomunikasi. Hampir semua rumah tangga memiliki lebih dari satu produk. Sekarang ada beberapa provider, beberapa dari negara lain, yang secara aktif bersaing untuk mendapatkan pelanggan telepon tetap dan seluler dengan harga dan paket layanan yang berbeda. Mendapatkan pelanggan baru dan persaingan yang lebih ketat telah meningkatkan tekanan pada organisasi untuk lebih kreatif dan inisiatif, serta responsif terhadap biaya dan inovasi pesaing dan mengikuti tren global. Misalnya, biaya tenaga kerja relatif tinggi karena peraturan mengharuskan pemberi kerja untuk sepenuhnya memberi kompensasi atas pekerjaan mereka dan memberikan tunjangan pekerjaan lainnya. Banyak bisnis organisasi menghadapi persaingan dari negara-negara ketika tenaga kerja dan biaya bisnis lainnya jauh lebih rendah. Banyak negara Asia, dapat menghasilkan produk serupa dengan harga yang lebih murah dan mempromosikannya secara global dengan harga yang lebih rendah. Pada saat yang sama, incesment juga menjadi global, dan bisnis menghadapi tekanan dari pemegang saham untuk meningkatkan pangsa pasar, mengurangi biaya dan meningkatkan profitabilitas. Organisasi yang efektif bertujuan untuk mengimbangi biaya pekerjaan dan bisnis dengan dana yang berasal dari pelanggan, investasi, atau sumber pendapatan lain. 

Teknologi. Perubahan dan perkembangan teknologi merupakan pengaruh eksternal utama pada bisnis saat ini. Pasar global telah memaksa bisnis untuk lebih fokus pada bagaimana teknologi dapat digunakan untuk keuntungan kompetitif. Banyak organisasi telah menyadari teknologi dibutuhkan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional perusahaan mereka sert untuk memastikan dan meningkatkan daya saing. Teknologi merupakan dasar bagi semua fungsi bisnis dan tugas pekerjaan, teknologi memfasilitasi komunikasi dan manajemen yang efektif. Saat ini banyak konsumen yang literasi komputer dan mahir menggunakan teknologi sehingga ekspektasi mereka dan harus direspon. Perusahaan harus: merespon cepat terhadap pertanyaan melalui email atau panggilan telepon, memberikan akses ke informasi online tentang produk dan layanan, akses rapis ke catatan dan riwayat pelanggan, struktur dan menyediakan dukungan teknologi terkini. ekspektasi ini memberikan tekanan yang cukup besar pada organisasi untuk mempertahankan teknologi dan infrastruktur yang kuat saat ini. Situs web perusahaan mungkin merupakan titik kontak pertama sehingga memaksa organisasi untuk berpikir lebih hati-hati merawat citra situs web mereka terutama visibilitas dan nilai informasi bagi calon pelanggan. 

Faktor-faktor eksternal tersebut baik lingkup atau skala nasional maupun internasional perlu dikenali. Organisasi umumnya bersifat dinamis, tidak stabil, dan rentan sehingga perlu menyadari hal-hal yang berkaitan dengan tentang faktor-faktor eksternal baik globalisasi dan technologi maupun faktor lainnya, karena dapat berpengaruh atau memengaruhi pelanggan, pesaing, arah dan strategi pasar, serta manajemen perusahaan.  

Suroto Adi