School of Information Systems

Tantangan dan Harapan New Kind of Network (NKN) sebagai bagian dari Decentralized Network

Akhir-akhir ini Internet telah mengalami kemunduran dalam visi dan semangat utamanya, contohnya adalah spektrum dan bandwidth yang tidak lagi dimanfaatkan secara efisien, informasi terfragmentasi dan dapat disensor, serta perlindungan terhadap privasi semakin terbatas. Tanda-tanda tersebut menjadi sinyal merah bahwa suatu jaringan perlu untuk direformasi sebab solusi yang ada saat ini tidak cocok untuk generasi blockchain di masa depan berdasarkan alasan-alasan berikut:  

  • Penggunaan pendekatan terpusat untuk meningkatkan efisiensi  
  • Mengorbankan skalabilitas jaringan untuk meningkatkan kecepatan konsensus  
  • Terdapat pembatasan tingkat partisipan dari node atau membutuhkan otorisasi untuk meningkatkan keamanan  
  • Menggunakan pihak perantara atau pihak ketiga yang berperan sebagai motivasi finansial untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan matematika dan teknologi  

Jaringan peer-to-peer saat ini menghadapi tantangan yang besar sehingga menjadi kesempatan bagi NKN (New Kind of Network) untuk menjadi solusi atas permasalahan yang ada dengan membuat sistem bersifat terdesentralisasi, skalabilitas tinggi, dan memiliki skema self-incentive 

NKN berinisiatif untuk mengambil peran revolusi dalam keseluruhan teknologi jaringan dan bisnis. NKN memiliki beberapa objektivitas seperti beberapa node dapat saling terhubung kepada jaringan terbuka ini darimanapun, mempromosikan berbagi jaringan, mengamankan netralitas jaringan, menjadi jaringan yang terbuka dan skalabilitas tinggi, serta memiliki routing dinamis dan efisien. Inovasi hadirnya NKN menjadi pilar ketiga atau bahkan pilar terakhir dalam ekosistem blockchain melalui perubahan pada lapisan jaringan, setelah pilar pertama Bitcoin dan Ethereum serta pilar kedua IPFS dan Filecoin.  

NKN dibangun dengan beberapa komponen pendukung yang inovatif yang berbeda dengan teknologi yang telah ada sebelumnya, yaitu:  

  • Mengubah sistem jaringan menjadi bentuk blockchain sehingga NKN memiliki konsep jaringan transmisi data terdesentralisasi atau Decentralized data transmission network (DDTN) untuk menyediakan konektivitas jaringan dan transmisi data yang dapat digunakan secara masif.  
  • Penggunaan Cellular Automata untuk merekonstruksi lapisan jaringan. Karakteristik dari Cellular Automata adalah desentralisasi, kesetaraan dan kokurensi peer yang memungkinkan untuk membentuk jaringan blockchain terdesentralisasi. Terdapatnya konsensus yang efisien dengan toleransi kesalahan yang tinggi dalam sistem terdesentralisasi juga merupakan keuntungan dalam penggunaan Cellular Automata.  
  • NKN menambahkan proof-of-relay yaitu suatu mekanisme yang mengajak partisipan untuk berkontribusi kepada jaringan blockchain dengan cara berbagi konektivitas dan bandwidth untuk mendapatkan reward atau token, meningkatkan konektivitas jaringan, dan kapasitas transmisi data.  
  • Penggunaan NKN pada suatu aplikasi terdesentralisasi memudahkan developer dalam membentuk kreativitas, inovasi, dan user interface sebab NKN menyediakan toolkit yang mendukung fungsi-fungsi tersebut.  

Dengan adanya elemen-elemen dan nilai inovasi dalam NKN menjadikan NKN suatu bagian fundamental yang memainkan peran besar pada paradigma desentralisasi.  

 

Sumber :  

  • NKN Lab. 2018. NKN : a scalable self-evolving and self-incentivized decentralized network. Whitepaper
Richard, S.Kom., M.M.