School of Information Systems

Fungsi Infrastruktur Teknologi Informasi

Di dalam keadaan era globalisasi ini kemajuan serta perkembangan teknologi semakin meningkat yang seiring dengan perkembangan jaman. Perkembangan sistem pada komputer beserta aplikasi-aplikasi pendukung sangat memudahkan setiap pemakai untuk mengunakan setiap proses pada komputer. Seiring berkembangnya pula ilmu pengetahuan teknologi dan informasi dan setiap peserta didik dituntut untuk bisa mengoperasikan komputer , mau tidak mau karena semakin kedepan komputer lebih sering digunakan baik itu dalam media pembelajaran maupun ketika di lingkup pekerjaan karena komputer memudahkan setiap pengguna untuk melakukan proses yang dikehendakinya.Dalam penyusunan makalah ini saya akan membahas mengenai perangkat lunak baik itu dari definisi hingga peran serta fungsi terhadap perangkat komputer. Perangkat lunak itu sendiri dapat diartikan adalah sebuah software yang menghubungkan antara pengguna dengan perangkat keras , dan bisa disimpulkan perangkat lunak menglakukan perintah yang kita intruksikan dan dijalankan oleh perangkat keras.membutuhkan data atau fakta, dimana data ini pada saat diinput akan diterjemahkan menjadi bilangan biner.

komputer memproses fakta atau data menjadi suatu informasi yang berguna bagi penggunanya. Dengan Komputer diharapkan dapat meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Sebelum menjadi informasi data tersebut diproses melalui hardware yang terletak pada CPU dengan menggunakan perangkat lunak. Perangkat lunak atau software adalah program dari komputer. Perangkat lunak adalah program yang berisi instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Saat ini, tingkat pemrosesan yang dikerjakan perangkat lunak bersifat machine-like (keinginan mesin) mulai berubah dengan sifat human-like (keinginan manusia). Di dalam teori informasi, disusun hirarki informasi, mulai dari data/ fakta, kemudian setelah proses seleksi dan pengurutan menjadi sesuatu yang berguna menjadi informasi. Informasi yang di susun secara sistematis dengan suatu alur logika tertentu menjadi knowledge (pengetahuan). Perangkat Keras tidak akan berfungsi tanpa adanya perangkat lunak begitu pula sebaliknya perangkat lunak tidak berfungsi tanpa adanya perangkat keras. Kedua perangkat tersebut memang saling berkaitan sehingga komputer dapat berfungsi dengan baik. Perkembangan teknologi terutama dalam perangkat keras terus diimbangi oleh perangkat lunaknya sehingga penggunaan komputer lebih maksimal.

Infrastruktur teknologi adalah pondasi atau kerangka kerja yang mendukung suatu sistem atau organisasi. Dalam komputasi, infrastruktur teknologi informasi terdiri dari sumber daya fisik dan virtual yang mendukung arus, penyimpanan, pengolahan dan analisis data

Infrastruktur teknologi informasi berfungsi untuk menyediakan platfrom untuk mendukung semua system informasi dalam bisnis perangkat keras dan perangkat lunak.

Fungsi Perangkat Lunak Pengolah Kata lunak pengolah kata memiliki fungsi untuk melakukan manipulasi dan mengolah kata kata yang nantinya diperlukan untuk pembuatan dokumen atau untuk merangkum sesuatu. Contoh : Microsoft Word, OpenOffice Writer, dan Lotus Word pro

Ada enam fungsi dari teknologi informasi, di antaranya sebagai berikut:

  1. Menangkap (Capture):Menangkap disini dapat diartikan sebagai menginput data yang telah dimasukan Misalnya, menerima inputan dari mic, keyboard, scanner, dan lain-lain.
  2. Mengolah (Processing) : Mengolah atau memroses data yang dimasukkan lalu diterima untuk menjadi informasi. Pengolahan dan pemrosesan data dapat berupa mengkonversi, menganalisis, dan menghitung (kalkulasi).
  3. Menghasilkan (Generating) :Menghasilkan atau mengorganisasikan informasi ke dalam bentuk yang berguna atau laporan yang dapat dimengerti oleh orang lain. Misalnya seperti, laporan, tabel, grafik, dan gambar.
  4. Menyimpan (Storage):Merekam atau menyimpan data dan informasi dalam suatu media yang dapat digunakan untuk keperluan lain. Contohnya adalah menyimpan ke hard disk, flash disk, tape, dan lain-lain.
  5. Mencari Kembali (Retrival): Menelusuri dan mendapatkan kembali informasi atau menyalin data dan informasi yang sudah tersimpan. Misalnya mencari data penjualan yang sudah disimpan sebelumnya.
  6. Mentransmisi (Transmission):Mengirim data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi lain melalui jaringan komputer. Misalkan dengan mengirimkan data penjualan dari user A ke user yang lainnya.

Dari penyusunan makalah ini, maka dapat saya ambil kesimpulan diantaranya:

Perangkat lunak memiliki arti sebagai media yang menjebatani setiap pengguna dengan perangkat keras, karena perangkat keras itu sendiri tidak akan berjalan optimal tanpa adanya perangkat lunak

Peran dan fungsi dari perangkat lunak itu sendiri memang relatif sama , tergantung penggunanya namun dapat di simpulkan peran dan fungsi dari perangkat lunak adalah sebagai media pembantu dalam melakukan proses pada komputer maupun perangkat lainya yang memiliki sistem operasi.

Perangkat lunak sistem memang tidak begitu terlihat secara langsung, namun perangkat lunak sistem ini memiliki peran membantu kita untuk dapat menjalankan berbagai perangkat keras baik itu input maupun outpun pada setiap computer.

Dan harapan saya untuk kedepannya ,dengan meningkatnya teknologi manusia dapat mengunakan teknologi dengan sebaik-baiknya.

  • https://berbagisharecoretan.blogspot.com/2015/04/makalah-perangkat-lunak.html
  • https://aangdhonz.blogspot.com/2012/03/sejarah-perkembangan-perangkat-lunak.html
  • http://blogging.co.id/fungsi-software
  • https://teknologi.id/insight/pengertian-teknologi-informasi-serta-tujuan-dan-fungsinya
I Kadek Dwi Mahendra

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031