School of Information Systems

Bentuk Arsitektur Utama Pada Platform Jaringan Penyimpanan Terdesentralisasi Storj

Pada tingkatan yang lebih tinggi, objek penyimpanan seperti Storj didefinisikan sebagai teknologi dengan vendor yang mapan dan digunakan untuk integrasi. Storj memiliki kelebihan dalam kapabilitas sehingga memudahkan pengembang dalam membentuk suatu aplikasi yang aman dan bersifat privasi dengan menggunakan penyimpanan Storj. Agar aplikasi yang menerapkan Storj dapat menyelesaikan permasalahan di dunia nyata dengan tepat sasaran maka perlu bagi pengembang aplikasi untuk mengetahui bentuk arsitektur utama dari Storj. Konstruksi utama dari Storj jika diurutkan dari yang terluar maka terdiri dari Satelit, Akun Pengembang, Projek, Primary Access Grant, Bucket, dan Restricted Access Grant.  

Satelit  

Satelit adalah kumpulan penyedia layanan host yang cocok untuk berbagai fungsi pada jaringan termasuk sistem penemuan node, kumpulan informasi node, penyimpanan metadata per objek, manajemen reputasi penyimpanan node, agregasi data tagihan, penyimpanan node bukti pembayaran, data audit, serta perbaikan serta akun pengguna dan manajemen otorisasi. Developer akan membuat akun pada Satelit yang tersedia di seluruh dunia. Developer dapat memilih Satelit berdasarkan dimana data akan sangat sering diakses karena Satelit akan bekerja berdasarkan tempat metadata disimpan dan tempat pemilihan node 

Akun Developer/Akun Pengembang  

Ketika pengembang membuat akun pada Satelit maka pengembang akan menambahkan informasi kontak dasar termasuk metode pembayaran jika ingin menggunakan layanan pembayaran. Sehingga pengembang dapat membuat suatu projek, mengakses hadiah yang ada, melihat jumlah fraktur, melacak bekas penggunaan, serta pengembang dapat mengundang pengembang lain melalui akun yang ada pada Satelit agar bergabung pada projek yang direncanakan dan sebaliknya.  

Projek  

Projek merupakan unit dasar untuk penggunaan agregrat, menghitung bill, biaya fraktur, mengumpulkan hasil pembayaran, dan manajemen akses. Pengguna dapat membuat projek secara berganda dan dibayarkan secara terpisah. Dengan projek, penggunaan Storj dapat dilacak pada tingkat Bucket. Terdapat dua driver untuk membuat objek berganda:  

  • Akses Manajemen, pada driver ini Access Grants diinisiasi pada tingkat projek. Access Grants utama dibuat pada Satelit sehingga admin dapat melakukan tindakan apapun pada Bukcket dalam sebuah projek namun Access Grants tidak berfungsi di seluruh projek. Jika pengguna menjadi penyedia layanan atau memiliki aplikasi ganda maka tidak boleh ada kesamaan antar aplikasi dalam hal manajemen akses sehingga harus perlu membentuk projek per aplikasi untuk pelanggan secara terpisah.  
  • Billing, jika pengguna hanya memiliki satu aplikasi atau menggunakan aplikasi secara individual maka hanya diperluka satu projek. Kecuali jika pengguna ingin menjadi penyedia layanan atau integrator untuk aplikasi ganda maka diperluka projek ganda untuk memisahkan fraktur untuk masing-masing aplikasi, pelanggan, dan sebagainya tergantung kepada bisnis yang dibangun.  

Bucket  

Bucket merupakan suatu kumpulan objek yang tak terbatas tetapi memiliki nama dan diidentifikasi oleh suatu jalur. Masing-masing objek memiliki jalur yang unik pada bucket. Nama bucket tidak dienkripsi pada sisi klien namun dapat dirender pada antarmuka pengguna Satelit. Penggunaan dapat dilacak dan dirincikan pada fraktur di tingkat bucket. Jika pengguna merupakan individu atau aplikasi tunggal maka hanya dibutuhkan satu bucket, sedangkan pada aplikasi multi-user lebih baik menggunakan satu bucket untuk setiap aplikasi kemudian jalur terpisah untuk menyimpan data dan diasosiasikan dengan masing-masing pengguna pada aplikasi.  

Restricted Access Grants  

Storj memiliki Access Grants primer dan Access Grants terbatas yang diturunkan dari Access Grants primer atau lainnya melalui uplink clientAccess Grants primer dibuat pada admin konsol dari Satelit, dan memiliki izin kepada semua bucket yang ada pada projek serta dapat digunakan untuk membentuk Access Grants khusus anak-anak. Sedangkan Access Grants terbatas dibentuk menggunakan konsol Satelit atau uplink client. Access Grants terbatas akan menangani manajemen akses dan enkripsi serta pembatasan terhadap cakupan akses yang ingin dibagikan.  

 

Sumber :  

Richard, S.Kom., M.M.