School of Information Systems

Tata Kelola Perusahan

Tata Kelola Perusahaan (bahasa Inggris: corporate governance) adalah rangkaian proses, kebiasaan, kebijakan, aturan, dan institusi yang memengaruhi pengarahan, pengelolaan, serta pengontrolan suatu perusahaan atau korporasi. Tata kelola perusahaan juga mencakup hubungan antara para pemangku kepentingan (stakeholder) yang terlibat serta tujuan pengelolaan perusahaan. Pihak-pihak utama dalam tata kelola perusahaan adalah pemegang saham, manajemen, dan dewan direksi. Pemangku kepentingan lainnya termasuk karyawan, pemasok, pelanggan, bank dan kreditor lain, regulator, lingkungan, serta masyarakat luas. 

Tata kelola perusahaan adalah suatu subjek yang memiliki banyak aspek. Salah satu topik utama dalam tata kelola perusahaan adalah menyangkut masalah akuntabilitas dan tanggung jawab mandat, khususnya implementasi pedoman dan mekanisme untuk memastikan perilaku yang baik dan melindungi kepentingan pemegang saham. Fokus utama lain adalah efisiensi ekonomi yang menyatakan bahwa sistem tata kelola perusahaan harus ditujukan untuk mengoptimalisasi hasil ekonomi, dengan penekanan kuat pada kesejahteraan para pemegang saham. Ada pula sisi lain yang merupakan subjek dari tata kelola perusahaan, seperti sudut pandang pemangku kepentingan, yang menuntut perhatian dan akuntabilitas lebih terhadap pihak-pihak lain selain pemegang saham, misalnya karyawan atau lingkungan. 

Persingkat Ketentuan Tenggat Kredit  

Saat melakukan penjualan dengan pelanggan, berhak menawarkan persyaratan pembayaran secara kredit jika pelanggan tidak membayar secara penuh. Anda dapat memutuskan apakah ingin menawarkan mereka pembayaran 60 hari, 40-, 30- atau bahkan 15 hari pembayaran. Untuk pengguna Accurate Online yang dapat menikmati fitur tersebut pada opsi penerimaan penjualan 

Jika ingin mempersingkat persyaratan kredit, dapat membebankan denda keterlambatan atau menawarkan diskon jika melakukan pembayaran lebih awal, seperti memberikan potongan 2% “jika dibayar dalam waktu 10 hari” misalnya. Cari tahu tenggat waktu apa yang paling cocok untuk Anda dan pelanggan. Perlu diperhatikan, jika memperpendek jangka waktu kredit, akan dapat mengumpulkan kas  jauh lebih cepat dari yang diharapkan. 

Buat Pelanggan Anda Bahagia 

Pelanggan yang bahagia akan selalu membayar tagihan tepat waktu. Jika menghabiskan waktu untuk menawarkan dan memberikan layanan yang sangat baik, ada peluang yang lebih tinggi bagi pelanggan untuk memiliki komitmen pada pembayaran yang tepat waktu. 

Anda bahkan dapat melakukan sedikit hal yang memorable seperti mengirimkan cupcake kepada pelanggan terbaik sebagai cara untuk berterima kasih kepada mereka karena telah menjadi klien setia. Apa pun itu! Membuat pelanggan tersenyum akan menjadi bonus tambahan ketika mulai melihat tagihan atas semua faktur dibayar tepat waktu. 

Kembangkan Bisnis Dengan Tata Kelola Piutang Yang Benar 

Menagih pembayaran kepada pelanggan merupakan hal yang harus dilakukan jika ingin bisnis tetap ada. Memantau proses dari setiap tagihan yang ada juga merupakan hal yang amat penting untuk membangun komunikasi kepada pelanggan dan tentang kekurangan layanan atau barang yang berikan. Kini dengan Accurate Online, bisa merasakan kemudahan dengan otomatisasi pengelolaan bisnis. Accurate Online adalah aplikasi akuntansi online berbasis cloud yang mampu menyederhanakan proses operasional pengolahan piutang pada usaha Anda dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya seperti fitur pengingat piutang atau daftar piutang yang belum dibayar dan masih banyak lagi. Jalankan bisnis tanpa hambatan dengan Accurate Online sekarang juga. 

I Gusti Made Karmawan

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031