School of Information Systems

Tableau Sebagai Platform Terkemuka dalam Business Intelligence

Meningkatnya kebutuhan akan pengolahan data pada beberapa perusahaan atau organisasi saat ini juga berarti terdapat persaingan kompetitif pada pasar penjualan sorftware pengolah data seperti Business Intelligence atau Business Analytics. Platform Business Intelligence merupakan perangkat lunak untuk mengetahui data terkini maupun yang bersifat prediktif melalui laporan, pemrosesan analitik online, pengembangan dasbor, pemrosesan peristiwa kompleks dan lain-lain. Suatu platform Business Intelligence yang diharapkan oleh suatu perusahaan atau organisasi merupakan platform yang bersifat modern, dapat dikendalikan atau diatur oleh penggunanya secara mandiri, memiliki analisis visual yang user-friendly, serta secara keseluruhan memiliki kecenderungan untuk mengevaluasi proses perusahaan.  

Tableau hadir sebagai platform terkemuka dalam hal Business Intelligence yang membantu perusahaan atau organisasi. Tableau disebut-sebut sebagai pilihan utama dalam pasar Business Intelligence karena sifatnya yang modern serta memiliki layanan self-service bagi penggunanya. Untuk lebih memahami mengapa Tableau disebut sebagai platform terkemuka dalam hal BI, berikut adalah poin-poin utama yang ditawarkan oleh Tableau :  

  • Berfokus Pada Inovasi, Tableau memiliki banyak pengguna dari seluruh penjuru dunia dan berbagai jenis organisasi atau perusahaan. Banyaknya pengguna ini karena ketertarikannya terhadap Tableau yang memiliki paten interface VizQL, bahasa pemrograman yang mudah, serta tampilan visual yang sangat memudahkan pengguna. Selain itu Tableau memiliki fasilitas berupa penyiapan data secara langsung sehingga lebih efisien.  
  • Fleksibelitas, Tableau menjadi pilihan karena kefleksibelannya dalam penyimpanan Cloud publik dan layanan SaaS yang ditampung sepenuhnya dengan lebih dari 75 koneksi sumber data asli.  
  • Kemampuan Analisis Mendalam, pada fungsi yang satu ini Tableau mudah digunakan untuk semua kalangan tanpa memandang tingkat kemampuan yang dimiliki. Kemampuan pemetaan intuitif yang kuat hingga algoritme cerdas yang didukung oleh Artificial Intelligence dimiliki oleh Tableau.   
  • Komunitas data enthusiastTableau sendiri memiliki suatu komunitas yang sangat mahir dalam penyediaan atau visualisasi suatu data. Komunitas ini tersebar secara global, dengan adanya komunitas ini sangat membantu dan menginspirasi pengguna Tableau lain. Selain itu hadirnya komunitas ini juga secara tidak langsung mendorong pengembang Tableau untuk terus memberikan layanan atau fungsi-fungsi baru dalam pengembangan produk Tableau.  

 

Tableau dirancang secara modern untuk mendukung pekerjaan yang membutuhkan Business Intelligence dalam pelaporannya. Kemoderanan yang dihadirkan oleh Tableau ini diimbangi dengan kemampuannya dalam menyiapkan informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya sehingga biaya investasi yang dibayarkan oleh pengguna dipastikan dapat berguna dalam jangka panjang.  

 

Sumber :  

  • Rud,O. 2009. Business Intelligence success factors : tools for aglining your business in the global economy. Hoboken, NJ : Wiley & Sons.  
  • Tableau. 2020. Why IT Professionals choose Tableau for modern BI and Analytics. Whitepaper  
Richard, S.Kom., M.M.