School of Information Systems

Sistem Blockhain Pada Decentralized Network Deeper Network

Ekosistem Deeper Network didukung oleh Deeper Chain yaitu suatu platform smart contract yang bersifat terdesentralisasi penuh dan berjalan pada mekanisme konsensus Proof-of-Credit (PoC). Deeper chain memiliki dua lapisan yang terdiri dari lapisan atas (mengandung ratusan node validator seperti blockchain pada umumnya) dan lapisan bawah atau lapisan deeper (mengandung jutaan perangkat deeper, perangkat ini akan memperoleh kredit setelah menyediakan layanan pada Deeper Network). Mekanisme konsensus PoC tidak bergantung kepada penyelesaian teka-teki komputasional yang signifikan untuk memilih konsesnsus sehingga PoC hanya menggunakan energi yang rendah dan lebih hemat.  

Deeper menggunakan HotStuff sebagai kerangka kerja State Machine Replication (SMR). Hotstuff merupakan bagian dari protokol Byzantine Fault Tolerant (BFT) yang pertama yang memiliki kompleksitas komunikasi dan toleransi terhadap penundaan jaringan. Melalui pengabstrakan paradigma rantai dari protokol BFT, Hotstuff memperkenalkan adanya arsitektur yang dapat meningkatkan keluaran dari jaringan dengan sangat baik. Hotstuff menggunakan pola komunikasi bintang (semua pengguna berkomunikasi melalui pihak koordinator) dan penggunaan tanda tangan ambang untuk memastikan komunikasi linier pada setiap block—pihak koordinator akan mengirimkan block ke validator kemudian validator menghasilkan tanda tangan ambang, pihak koordinator selanjutnya merekontruksi tanda tangan ambang yang menyediakan bukti validitas pada block.  

Hotstuff dalam bentuk dasar mengabstraksi sisi aktif dan pemilihan pihak koordinator pada konsensus. Dalam Deeper, keaktifan dapat diraih menggunakan sertifikan batas waktu. Ketika validator menunggu proposal block dari koordinator baru pada batas waktu yang spesifik namun tidak juga datang maka validator akan mengirimkan pesan batas waktu parsial kepada koordinator selanjutnya yang dipilih melalui jadwal round-robin yang ditentukan. Koordinator baru akan menerima tanda tangan parsial yang cukup serta memproduksi seritifikat batas waktu  yang mana disebarkan melalui pesan babak baru kepada semua validator. Untuk rotasi komite, Deeper menggunakan suar acak berbasis VDF yang mirip dengan VRF yaitu fungsi kriptografi dengan keluaran tak terprediksi.  

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa Deeper Network memiliki dua lapis Deeper Chain. Proof-of-credit (PoC) mengizinkan perangkat Deeper Network untuk membentuk token baru melalui aktivitas berbagi bandwidth. Masing-masing perangkat akan diasosiasikan dengan suatu akun. Semakin banyak bandwidht yang dibagikan maka semakin banyak skor kredit yang akan didapatkan oleh akun tersebut. Masing-masing perangkat akan mendelegasikan skor kredit tersebut ke dalam validator. Konsensus dari Deeper Chain akan didapatkan ketika terdapat lebih dari 2/3 total daya pemilihan dari validator yang setuju pada block baru. Setelah block baru dibentuk, perangkat akan mendapatkan penghargaan sejumlah skor kredit yang seimbang dengan yang dikerjakan.  

Blockchain umumnya menggunakan pencegahan serangan sybil sebagai kunci pengamanannya, beberapa pendekatan yang sering digunakan adalah proof-of-work, proof-of-stake, delegate prrof-of-stake, dan lain-lain. Deeper Network menggunakan pendekatan yang serupa dengan Proof-of-stake. Daya pemilihan yang digunakan tidak hanya bergantung kepada token pada stake namun juga pada skor kredit yang didelegasikan. Sehingga rantai pada Deeper Network merupakan gabungan dari Proof-of-stake dan Proof-of-credit. Untuk membentuk suatu sistem keamanan PoC, langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu mengontrol jumlah node berbahaya yang ada pada Deeper Network. Untuk meraih tujuan tersebut Deeper meningkatkan kesulitan dan biaya pada bagian berbahaya untuk mengontrol node lain secara dua aspek. Aspek pertama menetapkan token, Deeper meminta pada semua perangkat untuk mendepositkan beberapa token sebelum bergabung ke jaringan selama tahap registrasi. Aspek kedua yaitu menetapkan jumlah kredit minimun pada node sebelum bergabung ke jaringan dan mendapatkan sejumlah penghargaan atau reward. Dengan cara-cara tersebut akan menggugah pengguna untuk berbagi bandwidth sehingga terjadi akumulasi kredit dan mencegah munculnya node berbahaya yang dapat masuk ke jaringan.  

 

Sumber :  

  • Deeper. 2021. A secure shared network and a proof of credit consensus network. Whitepaper Deeper  
Richard, S.Kom., M.M.