School of Information Systems

Visualisasi Data pada Organisasi

Visualisasi data interaktif adalah cara lain untuk mengubah iteratif tipikal atau siklus waktu dari Big Data analytics sehingga pengetahuan yang telah dibuat dapat segera dilakukan.

Sebagai contoh, Playdom yang merupakan perusahaan game sosial terkemuka dengan jutaan pengguna. Perusahaan tersebut mengumpulkan sejumlah besar data — sekitar satu miliar baris sehari — dan menggunakan Tableau untuk analisis dan pelaporan. Manajer produk akan meletakkan tabel ratusan juta baris secara interaktif untuk memahami dinamika pengguna atau masalah dalam game mereka. Kehadiran Tableau memberi Playdom sebuah kemampuan untuk dengan cepat memahami perilaku pelanggan dalam permainan dan untuk mencari tahu apa yang bekerja untuk mereka dan apa yang tidak.

Kami berbicara dengan guru analitik terkemuka Chuck Alvarez dari Morgan Stanley, yang menggunakan analogi sistem saraf manusia untuk menggambarkan penggunaan visualisasi untuk menyampaikan pesan:

“Saya suka menggunakan analogi sistem saraf pusat dan otak adalah bagian dari sistem saraf pusat. Anda memiliki otak yang memberi tahu apa yang harus dilakukan dan kapan melakukannya. Otak mengumpulkan sejarah tentang masa lalu. Otak menyimpulkan dan menginduksi sesuatu. Otak berkomunikasi dengan otot melalui berbagai sistem saraf — beberapa tidak disengaja, beberapa sukarela— tapi kamu mendapatkan gambarnya.

Mari kita analogikan sebuah organisasi. Sebuah organisasi memiliki otak. Sebuah organisasi memiliki sistem saraf. Sebuah organisasi memiliki otot. Semua hal ini membuat sebuah organisasi dapat bergerak yang akhirnya dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan.

Jika kita melihat dan menggambarkan sebuah model standar berlapis, kita memiliki sejumlah informasi peristiwa dan fakta tentang peristiwa tersebut. Kecerdasan yang digunakan sebagai media analitik dan sistem saraf adalah cara pendistribusian diri kita. Kita perlu memiliki semua keterampilan inti tersebut guna menjadi ilmuwan data yang profesional. Beberapa keterampilan yang dibutuhkan antara lain: kecerdasan tingkat tinggi, keterampilan matematika, dan pengetahuan teknis. Ada satu keterampilan tidak begitu jelas tetapi penting  untuk menyampaikan pesan secara bolak-balik dari otak ke berbagai bagian tubuh (Organisasi); pemahaman tentang cara membujuk, menyimpulkan dan menyampaikan wawasan yang dapat langsung ditindaklanjuti.

Agar berhasil, tim Anda perlu berkomunikasi sebagai bagian dari sistem saraf pusat yang dapat memberikan keputusan bisnis. Cerita tidak akan lengkap tanpa sebuah cara untuk bisa mendorong wawasan yang dapat ditafsirkan oleh bisnis dan ditindaklanjuti dengan tindakan tersebut. Itulah “visualisasi data” dan saya penggemar berat itu

Pada dasarnya, ketika saya mengatakan membuat hal-hal ini dapat ditindaklanjuti, aksi adalah tentang eksekusi. Untuk menjadi sukses, kita perlu memiliki bakat analisis data yang tepat, visualisasi data yang hebat, dan proses yang memungkinkan eksekusi. “

Visualisasi Big Data masih dalam tahap awal dan ada beberapa vendor komersil yang memimpin bersama dengan beragam proyek open-source. Berikut adalah beberapa contoh alat yang saat ini tersedia dan proyek open source:

Evaristus Didik M