School of Information Systems

Protokol Aset Keuangan Terdesentralisasi : Synthetix

Protokol terdesentralisasi dalam bidang keuangan atau biasa dikenal Decentralised Finance (DeFi) terbagi atas beberapa jenis platform yang dibentuk oleh organisasi berbeda. Synthetix hadir sebagai protokol aset keuangan terdesentralisasi yang menyediakan layanan kepada pengguna untuk validasi informasi, menyimpan, dan menjual berbagai macam produk turunan seperti commodity, FIAT currency, dan lain-lain. Token yang digunakan disebut Synthetix Network Token (SNX) yang berguna untuk mengkolateralisasikan aset protokol Synthetix (Synths).  

Synthetix dibuat dengan protokol yang berbasis Ethereum untuk menerbitkan aset Synthetix. Berdasarkan analogi turunan legasi keuangan, Synthetix adalah instrument keuangan dalam bentuk smart contract ERC-20. Synthetix sendiri dikelola oleh perusahaan keuangan non profit, Synthetix Foundation di Australia. Badan pengelola platform DeFi selama ini terdiri dari tiga Decentralised Autonomous Organizations (DAO) yang terdiri atas :  

  • ProtokolDAO, mengelola pendanaan yang berkaitan dengan upgrade protokol dan perubahan Synthetix menjadi smart contract 
  • GrantsDAO, mengelola pendanaan untuk proposal komunitas sehingga menarik perhatian publik terhadap Synthetix  
  • SynthetixDAO, mengelola pendanan untuk entitas yang berperan dalam pengembangan jaringan.  

Dengan adanya sistem seperti tersebut menjadikan Synthetix mampu mengelola aset kripto dan non kripto dengan metode terdesentralisasi, tanpa memerlukan izin, serta memungkinkan pengguna untuk masuk ke ekosistem DeFi meskipun tidak memiliki aset di dalamnya.   

Synths menggunakan oracle terdesentralisasi, yang merupakan protokol keuangan berbasis smart contract, untuk melacak harga aset yang dimiliki, pengguna dapat memegang dan menukar Synths seolah-olah benar-benar memiliki aset yang mendasarinya protocol tersebut. Karena Synths dikeluarkan oleh Ethereum, maka pengguna dapat menyimpan Synths di platform DeFi lain seperti Curve dan Uniswap dan menggunakannya untuk dilikuidasi dan mendapatkan bunga. Synthetix dan produk turunannya penting untuk membangun pasar yang matang dengan memfasilitasi penemuan harga dan melindungi aset dari volatilitas. Untuk memulai trading Synths, Anda dapat menggunakan dua metode:  

  • Membeli ETH pada bursa  
  • Tukar ETH dengan sUSD di Kwenta 
  • Menukar aset dengan Synths lain seperti BTC  

Atau cara alternatif,  

  • Dapatkan token SNX di bursa  
  • Pasak token tersebut di Mintr, aplikasi terdesentralisasi (dapp) yang dibuat oleh Synthetix  
  • Buatlah Synths dan mulai trading di Kwenta  

Pada Synthetix, semua Synth yang dibuat dengan token SNX didukung oleh rasio agunan 600%, yang ditentukan melalui tata kelola komunitas. Staker secara manual mengelola rasio mereka pada Mintr dengan membuat sUSD jika terlalu tinggi, dan membakar sUSD jika terlalu rendah. Jika SNX dan sUSD dipertaruhkan, artinya pengguna mengambil utang yang mencerminkan jumlah sUSD yang harus dibakar untuk meng-unstake SNX. Utang ini merupakan proporsi dari semua utang pada Synthetix, berdenominasikan sUSD, meningkat dan menurun sesuai dengan pasokan Synths dan nilai tukarnya. Karena total utang sistem didistribusikan dengan cara tersebut, para staker bertindak sebagai “kumpulan rekanan” untuk trading. Artinya pengguna tidak memerlukan rekanan ketika bertukar Synths namun dapat mengkonversinya langsung melalui smart contract.  Ketika pengguna mempertaruhkan token, pengguna akan  menerima hadiah jika rasio agunannya tetap pada 600% (mengintai hadiah, berdenominasi SNX, biaya pertukaran dari semua perdagangan Synth, dan berdenominasi di sUSD).

 

Referensi :

Richard